STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG KONDISI EKSTREM PELAT BETON BERSIRIP DI ATAS TANAH LEMPUNG

Maria Arpina, Vivi Bachtiar, M Yusuf

Abstract


Konstruksi di atas tanah lempung memerlukan sistem perkerasan yang baik akibat daya dukung tanah yang rendah dan berpotensi penurunan yang tidak merata, terutama dibawah kondisi pembebanan ekstrem. Studi ini mengkaji bagaimana variasi titik pembebaban pada pelat beton kaku bersirip dengan ukuran 40 cm x 40 cm, kemiringan sirip 30° mempengaruhi kondisi ekstrem dengan daya dukung dan deformasi tanah terendah. Pengujian eksperimental dilakukan dengam metode pembebanan tidak langsung (loading test) yang menggunakan dongkrak hidrolis sebagai media yang menyalurkan beban . Hasil pengujian pembebanan dan pengamatan grafik menunjukan deformasi tanah. Pelat dengan pembebanan di titik tengah mencapai beban maksimum tertinggi sebesar 20 kN dengan penurunan terkecil 24 mm. Pelat dengan pembebanan di titik tengah tepi tanpa sirip mampu menahan beban 17,5 kN dengan penurunan 23,77 mm. Pelat dengan pembebanan di sudut mampu menahan beban 18,75 kN dengan penurunan terbesar yaitu 30,40 mm. Pelat dengan pembebanan di titik tengah tepi sirip mampu menahan beban 17,5 kN dengan penurunan 28,12 mm. Studi ini secara eksperimental menunjukan letak titik ekstrem pelat beton berada disudut pelat mengalami deformasi terbesar.


Full Text:

PDF 147-156

References


Amal, Tansa I. 2023. Skripsi Tinjauan Daya Dukung Pelat Beton Bersirip Berdasarkan Variasi Panjang Secara Numerik. Pontianak: Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura.

Fahriana, N., Ismida, Y., Lydia, E. N., & Ariesta, H. 2019. Analisis Klasifikasi Tanah dengan Metode USCS (Meurandeh Kota Langsa). Jurnal Ilmiah JURUTERA, 6(2356–5438), 6–12.

Hilyanto, R. R., Setiawan, B., & Surjandari, N. S. 2013. SIMULASI PERILAKU PELAT BETON SEBAGAI PERKERASAN KAKU DI ATAS TANAH SUBGRADESARADAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Matriks Teknik Sipil, 1(4), 424.

Jumadi, J., Yusuf, M., & Bachtiar, V. 2017.Uji Kekuatan Jalan Beton Bersirip yang Diperkaku dengan Cara Penebalan pada Bagian Sirip (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Pattipeilohy, Jeckelin., Sapulette, W., dan Lewaherilla, N.M.Y. 2019. Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Desa Waisarisa –Kaibobu. Manumata Vol 5, No 2 (2019)5(2): 56–64.

Setiawan, M., Yusuf, M., & Bachtiar, V. 2018. Uji Kekuatan Pelat Bersirip Yang Diperkaku Dengan Cara Penebalan Di Daerah Sambungan Antara Pelat Dan Sirip (Studi Kasus: Penebalan Pada Pelat). JeLAST: Jurnal Teknik Kelautan, PWK, Sipil, dan Tambang, 5(1).

Sim, S. W., Yusuf, M., & Bachtiar, V. 2013. Studi Eksperimental Skala Penuh Tentang Daya Dukung Pelat Beton Bersirip dengan Sirip dalam Diagonal Sirip Luar sebagai Model Jalan Beton di Tanah Lunak. JeLAST: Jurnal Teknik Kelautan, PWK, Sipil, dan Tambang, 2(2).

Sirait, Samuel M. 2022. Skripsi Tinjauan Daya Dukung Pelat Beton Bersirip Diatas Tanah Lempung Dengan Variasi Kemiringan Sirip yang Diperkaku Berdasarkan Uji Pembebanan. Pontianak: Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

Suryawan, Ari. 2009. “Perkerasan JalanBeton Semen Portland (RigidPavement)”. Yogyakarta: FakultasTeknik Universitas Gadjah Mada

Wijaya, H., Yusuf, M., & Bachtiar, V. 2013. Studi Eksperimental Skala Penuh Tentang Daya Dukung Pelat Beton Bersirip dengan Sirip dalam Sejajar Sirip Luar sebagai Model Jalan Beton di Tanah Lunak. JeLAST: Jurnal Teknik Kelautan, PWK, Sipil, dan Tambang, 2(2).

Yusuf, M., & Bachtiar, V. 2018 . Tinjauan Daya Dukung Pelat Beton Bersirip Di Atas Tanah Gambut Dengan Variasi Ketebalan Lapisan Pasir. JeLAST: Jurnal Teknik Kelautan, PWK, Sipil, dan Tambang, 5(1).




DOI: https://doi.org/10.35334/cesj.v4i3.6941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By :

Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, University of Borneo Tarakan

Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 77115, Indonesia
E-Mail : borneo.cesj@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/CESJ/index
Telp : 081233242398 Faks. (0551) 2052558

All publications

by Civil Engineering Scientific Journal

are licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.