Manajemen Nutrisi dan Terapi Diet pada Pasien Hipertensi

Yusrah Taqiyah, Rahmawati Ramli, Najihah Najihah

Abstract


Prevalensi kejadian hipertensi di Indonesia cukup tinggi dampak dari kejadian hipertensi memerlukan perhatian dan penanganan khusus. Untuk mencegah hipertensi dan mengendalikan hipertensi beberapa hal dapat dikontrol diantaranya berat badan berlebih, aktifitas fisik, merokok, serta asupan nutrisi. Tujuan pengabdian ini yaitu mensosialisasikan Manajemen Nutrisi dan Terapi Diet pada Pasien Hipertensi, Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan dimana hasil dari pretest yang dilakukan pada 24 pasien yang diberikan kuesioner dengan 10 pertayaan dengan hasil pretest yaitu 17% memiliki pengetahuan baik, 25% pengetahuan cukup, 58% yang memiliki pengetahuan kurang. Setelah diberikan edukasi dan demonstrasi tingkat pengetahuan pasien yaitu, 83% memiliki pengetahuan baik dan 16% memiliki pengetahuan cukup. Kesimpulan dengan adanya kegiatan ini pasien hipertensi yang di rawat di RSU Ibnu Sina memiliki pengetahuan yang cukup dalam manajemen nutrisi dan terapi diet untuk mengurangi terjadinya serangan penyakit yang dialami.


Keywords


Manajemen Nutrisi; Diet; Hipertensi

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. R. (2018) „Pengaruh Diit Rendah Garam Terhadap Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Usia Lansia‟, Jurnal Insan Cendekia Medika, pp. 1–108.

Dinkes. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar Jawa Timur 2018‟, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, pp. 1–82.

Dinkes jombang (2017) „Profil Kesehatan Kabupaten Jombang Tahun 2017‟, Dinas Kesehatan kabupaten Jombang, pp. 82–88.

Kemenkes (2018) „Pola makan Diabetes

melitus‟, (2009), pp. 1–24.

Purnamasari, P. D. (2017) „Hubungan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) Terhadap Status Kesehatan Penderita Hipertensi‟, pp. 1–136.

Prynn, J. E. et al. (2018) „Dietary sodium intake in urban and rural Malawi, and directions for future interventions‟, American Journal of Clinical Nutrition, 108(3), pp. 587–593. doi: 10.1093/ajcn/nqy125.

Nuraini, B. (2015). Risk Factors of Hipertension. J Majority, Vol. 5

Wahyuningsih, R. (2018), Penatalaksanaan Diet pada Pasien. Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung Dekanat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.
Email:bchs@borneo.ac.id

Creative Commons License

All publications

by BCHS