IMPLEMENTASI COMPLEMENTARY AND ALTERNATIVE MEDICINE (CAM) SEBAGAI DUKUNGAN KESEHATAN MENTAL UNTUK PERAWAT PADA ERA PANDEMI DI PUSKESMAS BENDAN KOTA PEKALONGAN

Rahajeng Win Martani, Sri Mumpuni Yuniarsih

Abstract


Puskesmas merupakan instansi pelayan kesehatan yang berfokus pada upaya kuratif yang dituntut memiliki sumber daya yang ideal untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik pada pasien. Salah satu sumber daya di puskesmas yaitu sumber daya manusia yang didalamnya terdapat profesi perawat. Perawat sebagai salah satu ujung tombak pelayanan di puskesmas dituntut untuk selalu menjadi ideal dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal terlebih di era pandemic COVID-19. Perawat yang ideal merupakan perawat yang secara professional mampu mengaplikasikan keilmuan dalam merawat pasien. Dalam mengaplikasikan keilmuan, seorang perawat harus memiliki kesehatan baik secara fisik maupun mental. Pemenuhan kesehatan secara fisik bagi perawat telah ditunjukkan oleh instansi puskesmas berupa pemberian APD secara rutin, pemberian nutrisi seimbang, serta fasilitasi pemeriksaan berkala. Ketika ditemukan perawat dengan status terkonfirmasi positif COVID-19, puskesmaspun berupaya maksimal memberikan pelayanan tarbaiknya. Namun, hal tersebut tidak menjamin seorang perawat untuk terus mampu menjaga kondisi sehatnya di era pandemic seperti saat ini. Pasien yang datang terus-menerus, mebuat beban kerja perawat meningkat. Ketika beban kerja meningkat karena kelelahan hadir, maka kondisi mental perawat dapat dipastikan menurun. Hal ini memicu pula penurunan imunitas yang pada level terburuknya dapat menjadi salah satu penyebab tertularnya perawat oleh virus COVID-19. Dikhawatirkan apabila hal-hal tersebut tidak diatasi akan timbul berbagai dampak baik yang merugikan perawat itu sendiri atau rumah sakit tempatnya bekerja. Hal inilah yang melatarbelakangi kegiatan kemitraan yang melibatkan puskesmas Bendan yang berupa dukungan kesehatan mental bagi perawat. Dukungan kesehatan mental berupa implementasi complementary and alternative medicine dirasa tepat untuk membantu perawat dalam mempertahankan kondisi mental sehingga stress kerja dapat ditekan. Kegiatan pada kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk tetap mempertahankan kondisi mental perawat sehingga pelayanan di rumah sakit tetap dapat berjalan dengan optimal.

Keywords


Kata kunci: complementary and alternative medicine, yoga, aromatherapy, healthcare provider

Full Text:

PDF

References


Anon.,2013.Edy'sBlog.[Online] Available at:http://praktekku.blogspot.com/2009/05/pengobatan-tradisional-vs-pengobatan.html [Accessed 10 September 2013].

Arsana, P.M. & Djoerban, Z., 2011. Obat Herbal: Dari Testimoni ke Ilmiah. Halo Internis, 18, p.3.

Dietlind L. Wahner-Roedler, A.V.P.L.E.L.L.L., 2006. Physicians’ Attitudes Toward Complementary and Alternative Medicine and Their Knowledge of Specific Therapies: A Survey at an Academic Medical Center. eCAM, 3(4), pp.495–501.

Ditjen BUK Kemenkes RI, 2010. PENGOBATAN KOMPLEMENTER TRADISIONAL– ALTERNATIF. [Online] Available at: http//www.PENGOBATAN%20KOMPLEMENTER%20TRADISIONAL–%20ALTERNATIF.htm [Accessed 8 September 2013].

E Ernst, M H Cohen, J Stone, 2004. Ethical problems arising in evidence based complementary and alternative medicine. J Med Ethics, 30, pp.156–59.

Firenzuoli, Fabio and Luigi Gori, 2007. Herbal Medicine Today: Clinical and Research Issues. eCAM, 4(S1), pp.37-40.

Jonosewojo, A., 2013. Ketahui Tiga Hal Ini Saat Membeli Obat Herbal. [Online] Available at: http://www.m.batamtoday.com [Accessed 10 September 2013].

Maino, D.M., 2012. Evidence-based Medicine and CAM: A Review. California Optometric Association.

PERSI, 2013. 56 RS Layani Pengobatan Nonkonvensional. [Online] PERSI Available at: http//www.pdpersi.co.idcontentnews.phpmid=5&catid=2&nid=1110.htm [Accessed 11 September 2013].

Satria, D. 2013. Complementary and alternative medicine: A fact or promise?. IDEA Nursing Jurnal,Vol IV, No.3: Hal. 82-89




DOI: https://doi.org/10.35334/neotyce.v1i0.2321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal Indexed by: 

image host       image host image hostDimensions

 

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : (+62)82188737351

Email : bchs@borneo.ac.id

Laman : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/NEOTYCE

View My Stats