Edukasi Pencegahan Penularan COVID-19 dengan Metode Lomba Menggambar

Nurfitri Nurfitri, Muhammad Hatta, Esse Puji Pawenrusi, Matheus Costantinus Lodar, Najihah Najihah

Abstract


Pandemi COVID-19 adalah krisis mematikan yang memiliki efek yang jauh jangkauannya. Virus telah mempengaruhi gaya hidup di seluruh dunia. Untuk mengurangi penyebaran COVID-19 pembelajaran sepenuhnya dilakukan secara online, hal ini mengancam kesejahteraan sosial-emosional siswa sehingga dibutuhkan edukasi dengan metode yang menarik untuk siswa dalam memahami pencegahan penularan COVID-19. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa terhadap pencegahan penulara COVID-19 dan menjaga kesejahteraan sosial-emosional siswa dengan metode lomba menggambar. Metode pelaksanaan pada kegiatan ini adalah pemberian edukasi melalui leaflet, tanya jawab dan lomba menggambar tentang pencegahan penulara COVID-19. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang pencegahan dan penularan COVID-19 di SDN 149 LEMBANG dan siswa merasa senang dan sangat berantusias dalam mengikuti lomba menggambar sehingga dapat menjaga emosi siswastabil dan tidak stres menghadapi pandemi COVID-19.


Keywords


Edukasi; COVID-19; Lomba menggambar

Full Text:

PDF

References


Awan, M. M. W., Imran, A., & Siddiqui, M. (2020). Effects of COVID-19 on the performance of elementary students of Lahore. In Conference: International ICPY Conference Projects: COVID-19 and EducationARTICAL. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/343098710_Effects_of_COVID-19_on_the_performance_of_elementary_students_of_Lahore

Di Pietro, G., Biagi, F., Costa, P., Karpiński, Z., & Mazza, J. (2020). The Likely Impact of COVID-19 on Education: Reflections based on the Existing Literature and Recent International Datasets. Publications Office of the European Union, Luxembourg (Vol. EUR 30275). https://doi.org/10.2760/126686

Malboeuf-Hurtubise, C., Léger-Goodes, T., Mageau, G. A., Taylor, G., Herba, C. M., Chadi, N., & Lefrançois, D. (2021). Online art therapy in elementary schools during COVID-19: results from a randomized cluster pilot and feasibility study and impact on mental health. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 15(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s13034-021-00367-5

Saleh, I. A., Andi Asrina, & Idris, F. P. (2021). Pengaruh Edukasi Melalui Buku Cerita Bergambar Terhadap Perilaku Pencegahan COVID-19 Pada Siswa SD Di Kabupaten Maros Tahun 2020. Journal of Aafiyah Health Research (JAHR), 2(1), 84–90. https://doi.org/10.52103/jahr.v2i1.528

Susilawati. (2021). Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Pencegahan COVID-19 Dengan Penerapan Protokol Kesehatan Pada Anak Usia 10-12 Tahun (pp. 1–18). STIKES ngudia Husada Madura.




DOI: https://doi.org/10.35334/neotyce.v2i1.2447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats