Edukasi Pola Asuh dan Pengelolaan Stres pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus

M Akbar Nugraha, Andi Yuniarsy Hartika, Nurman Hidaya, Paridah Paridah

Abstract


Orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus memiliki peran yang lebih kompleks dan dituntut  memiliki pemikiran, tenaga dan pengelolaan perasaan yang lebih baik agar tidak mengalami stres. Pentingnya pengetahuan dan kemampuan terkait pola asuh dan pengelolaan stres yang tepat pada Orang tua anak berkebutuhan khusus sangat diperlukan untuk anak dan orang tua. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Orang tua anak berkebutuhan khusus tentang pola asuh dan pengelolaan stres. Kegiatan ini dilakukan yaitu menggali permasalahan dan perasaan Orang tua, penyampaian materi dan simulasi pengolaan stres dan evaluasi. Hasil kegiatan peserta lebih mengetahui tentang pola asuh dan cara mengelola stres. Edukasi pola asuh dan pengelolaan stres pada Orang tua anak berkebutuhan khusus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Orang tua.

Kata Kunci: Orang tua anak berkebutuhan khusus; Pengelolaan stres; Pola asuh.


Keywords


Parents of children with special needs; Parenting Stres management

Full Text:

PDF

References


Andromeda, A. (2018). Stress management training untuk menurunkan stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak difabel. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(3), 277-283.

Auliya, I. A. D. (2014). Hubungan antara kepribadian hardiness dengan stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak cerebral palsy. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 2(3).

Azni, H. N. P., & Nugraha, S. (2019). Hubungan social support dengan parenting stress pada ibu dengan anak tunagrahita di SLB-C Z Bandung. Jurnal Psikologi, 3(1).

Blandon, A. Y., Calkins, S. D., Keane, S. P., & O'brien, M. (2010). Contributions of child's physiology and maternal behavior to children's trajectories of temperamental reactivity. Developmental Psychology, 46(5), 1089.

Braun, S. S., Schonert-Reichl, K. A., & Roeser, R. W. (2020). Effects of teachers' emotion regulation, burnout, and life satisfaction on student well-being. Journal of applied developmental psychology, 69, 101151.

Budiarti, E., & Hanoum, M. (2019). Koping stres dan dukungan keluarga terhadap kesejahteraan psikologis orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. SOUL: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 11(1), 44-61.

Burack, J. A., Hodapp, R. M., & Iarocci, G. (2012). The Oxford handbook of intellectual disability and development: Oxford Library of Psychology.

Burla, F., Tauber, J., Dussi, S., van Der Gucht, J., & Koenderink, G. H. (2019). Stress management in composite biopolymer networks. Nature physics, 15(6), 549-553.

Chamidah, A. N., Purwandari, P., & Mahabbati, A. (2015). Pengembangan panduan layanan kesehatan mental berbasis sekolah bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2).

Deater-Deckard, K. (2008). Parenting stress: Yale University Press.

Fitriani, A., & Ambarini, T. K. (2013). Hubungan antara hardiness dengan tingkat stres pengasuhan pada ibu dengan anak autis. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 2(2), 34-40.

Ghoniyah, Z. (2015). Gambaran psychological well being pada perempuan yang memiliki anak down syndrome. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 3(3).

Jannah, M. (2020). Studi deskripsi: Perekonomian orangtua anak berkebutuhan khusus terhadap pendidikan anak berkebutuhan khusus. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(1), 49-58.

Kristiana, I. F. (2017). Self-compassion dan stres pengasuhan ibu yang memiliki anak dengan hambatan kognitif. Jurnal Ecopsy, 4(1), 52-57.

Kusumastiwi, T., & Puspita, G. (2021). Pelatihan kesehatan mental dan finansial bagi orangtua ABK pada Komunitas WKCP Yogyakarta. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Maysa, P. (2019). Hardiness dan stres pengasuhan pada ibu dengan anak berkebutuhan khusus. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(1), 88-101.

Ningtyas, H. S. (2021). Pendampingan perkembangan anak berkebutuhan khusus kategori gifted berdasarkan pola asuh otoritatif. Jurnal Shanan, 5(2), 79-94.

Putri, S. A. W., & Handayani, A. (2020). Hubungan antara kepercayaan diri dan regulasi emosi terhadap kecemasan menghadapi pertandingan pada atlet karate di Kota Demak. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 15(1), 88-97.

Rahmitha, R. (2011). Orang tua dengan anak yang berkebutuhan khusus. In: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ….




DOI: https://doi.org/10.35334/neotyce.v3i1.3248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal Indexed by: 

image host       image host image hostDimensions

 

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : (+62)82188737351

Email : bchs@borneo.ac.id

Laman : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/NEOTYCE

View My Stats