PENINGKATAN PERAN/TUGAS DAN WEWENANG BIDAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Doris Noviani, Deby Igau, Fiyona Ergira Amalia, Rina Hidayati

Abstract


Pada masa pandemi Covid-19, bidan menghadapi berbagai tantangan, baik dari segi teknis maupun non-teknis. Pandemi Covid-19 dapat menciptakan dampak berganda bagi bidan maupun kliennya. Bidan menjalankan tugas penting selama pandemi untuk memastikan pelayanan kesehatan reproduksi tetap tersedia dan berfungsi, walaupun dalam situasi krisis kesehatan, dengan menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19. Bidan sebagai suatu profesi dinamis harus berpartisipasi mengembangkan diri mengikuti perkembangan global, dalam bentuk peran aktif bidan dalam meningkatkan kualitas pelayanan, pendidikan dan organisasi profesi dengan komitmen mengacu pada peraturan. Tujuan pelatihan adalah meningkatkan pemahaman bidan tentang pencegahan dan pengendalian infeksi Covid-19 sehingga membatasi kematian langsung dan menghindari peningkatan kematian tidak langsung serta menjaga agar kualitas pelayanan kebidanan tidak mengalami penurunan, serta hak-hak ibu dan bayi dapat tetap terpenuhi. Kegiatan ini diikuti oleh 19 pseserta yang merupakan bidan yang melaksanakan Praktek Mandiri Bidan maupun berada di fasilitas kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik). Pelatihan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang peran bidan dalam pelayanan sesuai pendoman pencegahan pada situasi pandemi Covid-19.

Keywords


Midwife; Role; Service; Covid-19

Full Text:

PDF

References


KARS PPI. (2014). Pencegahan dan pengendalian infeksi tuberkulosis. Pedoman Nasional Pengendalian Tuberkulosis, 1–2.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Standar Profesi Bidan. 1–90.

Nurjasmi, E. (2020). Situasi Pelayanan Kebidanan pada Masa Pandemi COVID-19 dan Memasuki Era New Normal, Webinar in 2020. Ibi.or.Id, 1–32.

Yuningsih, R. (2016). Midwifery Profession In Policy Development Efforts To Improve Maternal and Child Health Services Rahmi. Aspirasi, 7(1), 63–76.

Kemenkes, 2020. Panduan Pelayanan Kesehatan Balita Pada Masa Tanggap Darurat Covid-19 Bagi Tenaga Kesehatan. Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan.

Burhan, E., Susanto, A., Nasution, S., Ginanjar, E., Pitoyo, C., Susilo, A., Firdaus, I., Santoso, A., Juzar, D., Arif, S., Wulung, N., Adityaningsih, D., Syam, A., Rasmin, M., Rengganis, I., Sukrisman, L., Damayanti, T., Wiyono, W., Prasenohadi, Isbania, F., Elhidsi, M., Aniwidyaningsih, W., Handayani, D., Soedarsono, Harsini, Sugiri, J., Afiatin, Wahyudi, E., Mulansari, N., Tarigan, T., Hidayat, R., Muchtar, F., Rumende, C., Soeroto, A., Triyono, E., Katu, S., Agustina, P., Puspitorini, D. dan Tim COVID-19 IDAI. (2020). Pedoman Tatalaksana COVID-19. Edisi 2. [PDF] Jakarta: PDPI, PERKI, PAPDI, PERDATIN, IDAI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) Revisi Ke-5

Revisi 2 Rekomendasi Penanganan Virus Corona (COVID-19) pada Maternal (hamil, Bersalin dan Nifas, POGI, 2020

Petunjuk Teknis Pelayanan Kesehatan Di Tempat Praktik Mandiri Bidan Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer Kementerian Kesehatan RI, Tahun 2021

PMK No. 28 ttg Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan

KEPMENKES 320 TAHUN 2020 Tentang Standar Profesi Bidan




DOI: https://doi.org/10.35334/neotyce.v3i2.3290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal Indexed by: 

image host       image host image hostDimensions

 

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : (+62)82188737351

Email : bchs@borneo.ac.id

Laman : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/NEOTYCE

View My Stats