Pemberdayaan Kelompok PKK Melalui Kelas Ibu Balita dan Pembuatan Makanan Tambahan Lokal Dalam Upaya Pencegahan Stunting

Halida Thamrin, Nurlina Akbar, Nurgahayu Nurgahayu

Abstract


Gizi dan nutrisi yang diberikan selama 1000 hari pertama kehidupan seorang anak sangatlah penting. Memastikan kecukupan gizi meliputi kesejahteraan ibu selama hamil, menyusui, pengenalan makanan pendamping ASI, dan kemajuan tumbuh kembang anak pada masa balita. Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, prevalensi balita stunted berdasarkan kabupaten/kota Kabupaten Takalar menduduki peringkat ke 7 angka stuting tertinggi di Sulawesi Selatan. Data Desa Tonasa Kec. Sanrobone Kab. Takalar terdapat 101 anak yang mengalami stunting. Prevalensi masalah gizi pada anak di bawah usia lima tahun tidak hanya disebabkan oleh kemiskinan, tetapi juga karena kurangnya pengetahuan dan praktik mengenai pengasuhan anak, serta metode pemberian makan yang tidak memadai. Tujuan utama dari inisiatif ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap program pendidikan yang dirancang untuk ibu yang memiliki balita. Tujuan khusus dari inisiatif ini antara lain: (1) meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku para ibu dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan optimal pada balitanya, dan (2) mendorong penggunaan makanan pendamping ASI yang tersedia secara lokal, seperti ubi jalar ungu, sebagai bahan utama dalam penyiapan makanan pendamping ASI (MP-ASI), guna mendiversifikasi asupan gizi anak serta meningkatkan tumbuh kembangnya.Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap kesehatan bayi, serta mendorong pola hidup sehat bagi seluruh individu guna mencapai derajat kesehatan yang optimal. Untuk meningkatkan kesejahteraan bayi dan anak balita, perlu memberikan pendidikan kepada ibu mengenai kebutuhan khusus anak di bawah usia lima tahun. Luaran dari kegiatan ini menunjukkan dampak positif, yaitu terjadi peningkatan pengetahuan peserta sebesar 16,9%. Peningkatan pengetahuan ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan gizi pada balita di Kabupaten Takalar yang menjadi wilayah sasaran intervensi terpadu yang bertujuan menurunkan stunting. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya nyata untuk mendorong ibu-ibu yang tergabung dalam Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang kesehatan anak usia dini, karena mereka memainkan peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan dalam mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Keywords


Kelas ibu balita; MP-ASI; Ubi ungu

Full Text:

PDF

References


Bardosono, S. (2019) Pentingnya Pemenuhan Nutrisi dan Gizi pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak, Universitas Indonesia. Available at: https://www.ui.ac.id/pentingnya-pemenuhan-nutrisi-dan-gizi-pada-1-000-hari-pertama-kehidupan-anak/ (Accessed: 29 March 2023).

Farida, A. (2016) ‘Urgensi Perkembangan Motorik Kasar pada Perkembangan Anak Usia Dini’, Jurnal Raudhah, 4(2). Available at: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i2.52.

Generasi Bersih dan Sehat (2022) Sadar Stunting Nutrisi Kaya Nutrisi, Ini 4 Manfaat Ubi Ungu Sebagai MP-ASI Anak, https://genbest.id/articles/kaya-nutrisi-ini-4-manfaat-ubi-ungu-sebagai-mpasi-anak.

Mufidah, L., Widyaningsih, T.D. and Maligan, J.M. (2015) ‘Prinsip Dasar Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) untuk Bayi 6-24 Bulan: Kajian Pustaka’, Jurnal Pangan dan Argoindustri, 3(4), pp. 1646–1651.

Prastiwi, M.H. (2019) ‘Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 8(2), pp. 242–249. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.162.

Puspasari, N. and Andriani, M. (2017) ‘Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Gizi dan Asupan Makan Balita dengan Status Gizi Balita (BB/U) Usia 12-24 Bulan’, Amerta Nutrition, 1(4), p. 369. Available at: https://doi.org/10.20473/amnt.v1i4.2017.369-378.




DOI: https://doi.org/10.35334/neotyce.v4i1.4640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal Indexed by: 

image host       image host image hostDimensions

 

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : (+62)82188737351

Email : bchs@borneo.ac.id

Laman : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/NEOTYCE

View My Stats