PEMANFAATAN MEDIA TANAM AKUAPONIK SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN STUNTING MELALUI PROGRAM KKN TEMATIK MBKM UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN DI WILAYAH JUATA LAUT KOTA TARAKAN

Munira Munira, Nur Azizah Yasin, Rika Andriani, Sona Wanda Lilit, Vicko Tri Hardyantoro, Zulfa Rahmalia Khairani, Gusriani Gusriani, Mega Octamelia, Etty Wahyuni, Khaerunnisa Khaerunnisa, Fathur Rahman

Abstract


Stunting menjadi salah satu permasalahan utama di tengah masyarakat karena angka kejadian stunting yang tinggi hingga saat ini. Stunting diketahui sebagai keadaan gagal tumbuh pada anak karena kurangnya asupan gizi kronis atau dalam jangka waktu yang lama. Hal ini umumnya disebabkan asupan gizi makanan tidak sesuai dengan kebutuhan gizi anak, dari 5 (lima) Kabupaten dan Kota di Kalimantan Utara yang terdiri dari Nunukan menjadi daerah dengan angka stunting tertinggi sebesar 30%, sedangkan Tarakan 25,9%. Kegiatan Pengabdian Sukses Akuaponik sebagai program wajib KKN Tematik MBKM Universitas Kalimantan Tarakan Tahun 2023, dilaksanakan di daerah Juata Laut Tarakan. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan edukasi mengenai metode tanam akuaponik, edukasi budidaya yang dapat dilakukan, pencetakan media pembuatan akuaponik, serta mendemonstraikan proses budidaya. Budidaya pada media Akuaponik yang dilakukan adalah dengan mengkombinasikan kangkung dan lele. Tanaman kangkung merupakan jenis sayuran daun yang banyak digemari oleh masyarakat untuk dikonsumsi.

Tanaman kangkung dan Ikan Lele, keduanya memiliki kandungan gizi yang cukup banyak sehingga dapat menjadi penyedia gizi yang baik bagi masyarakat. Aquaponik adalah sistem pertanian berkelanjutan yang sudah lama berkembang di Indonesia dan merupakan jenis urban farming yang sedang tren, yang menggabungkan antara hidroponik dengan akuakultur. Program Success Aquaponik ini diharapkan dapat terus berlanjut dan dapat membantu penurunan kasus Stunting di Daerah Juata Laut, dan dapat membuat orang ingin membangun atau membuat Aquaponik sendiri untuk bantuan pangan mandiri dan juga membantu berbagai pihak dalam Penurunan Stunting.

 

Kata Kunci: Akuaponik, gizi, stunting


Full Text:

PDF

References


Ansyari, F. (2022). Pemberian Pupuk Kompos Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kangkung Darat (Ipomea Reptans Poir) Sebagai Pencegahan Stunting. Agrifor: Jurnal Ilmu Pertanian Dan Kehutanan, 21(1), 129–140.

Badan Pusat Statistik. (2019). Pengeluaran Untuk Konsumsi Penduduk Indonesia; Berdasarkan Hasil Survei Sesenas Maret 2019.

Damanik, S. M., Sitorus, E., & Mertajaya, I. . (2021). Sosialisasi Pencegahan Stunting pada Anak Balita di Kelurahan Cawang Jakarta Timur: Dissemination about Prevention of Stunting in Toddlers at Cawang Village, East Jakarta. JURNAL Comunità Servizio, 3(1), 552–560. https://doi.org/https://doi.org/10.33541/cs.v3i1.2909

Gaffar, S, B., Natsir, N., & Asri, M. (2021). PKM Pencegahan Stunting Melalui Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4.

Khodijah, N.S., & et al. (2022). Pertumbuhan Dan Hasil Kangkung Akuaponik Dengan Perlakukan Berbagai Jenis Pupuk Foliar Dan Padat Tebar Lele Pada Sistim Budikdamber Lele-Kangkung. Jurnal Kultivasi, 21(1), 106–107.

Lada, C. O., Buntoro, I. F., & Nurina, R. L. (2022). Aplikasi Akuaponik Pada Keluarga Dengan Balita Stunting Di Kabupaten Kupang. Media Tropika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 28–34.

Supariasa Nyoman, I. ., & Purwaningsih, H. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Stunting Pada Balita di Kabupaten Malang. Karta Rahardja : Jurnal Pembangunan Dan Inovasi, 1(2), 55–64.

Zainuddin, M., & Yaqin, L. . (2021). PKM: Konvergensi Stunting Di Desa Kerumut Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1)




DOI: https://doi.org/10.35334/neotyce.v3i3.4717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal Indexed by: 

image host       image host image hostDimensions

 

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : (+62)82188737351

Email : bchs@borneo.ac.id

Laman : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/NEOTYCE

View My Stats