SUCCESS KALTARA Program Akselerasi Perubahan Perilaku dengan Kegiatan Duta Getaralakting di SMKN 1 Nunukan

Toni Tao Tao, Gusriani Gusriani, Mega Octamelia, Devi Miftahul Hasanah, Reni Mei Haswar, Natasya Natasya, Hilda Manda

Abstract


Remaja merupakan harapan dalam pengentasan dan pencegahan stunting. Pengentasan dan pencegahan stunting dapat dimulai sejak remaja sehingga dalam menangani permasalahan stunting remaja juga terlibat di dalamnya. Kurangnya pengetahuan remaja tentang perilaku hidup sehat dan stunting menyebabkan kenaikan angka stunting di Kabupaten Nunukan. Upaya untuk mengatasi minimnya pengetahuan remaja terkait stunting maka Universitas Borneo Tarakan melalui Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT MBKM) melaksanakan Program Akselerasi Perubahan Perilaku dengan kegiatan Pendampingan Duta Getaralakting di SMKN 1 Nunukan. Tujuan dari Program ini yaitu, memberikan pelatihan kepada siswa dan siswi terpilih agar mereka dapat mendukung program pemerintah dengan menyemarakan Gerakan Kaltara Menolak Stunting kepada seluruh siswa dan siswi di sekolahnya dengan cara memberikan contoh yang baik khususnya pada remaja lain ataupun masyarakat umum lainnya. Program ini memberikan pengetahuan kepada siswa dan siswi terkait gizi seimbang, pola makan sehat, cara kerja otak remaja, PHBS di sekolah, dampak stunting, pencegahan stunting, dan anemia sehingga mengentaskan dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Nunukan.


Keywords


KKNT; Remaja; Stunting

Full Text:

PDF

References


Mitra, Nurlisis, & Rahmalisa, U. (2020). Remaja Sebagai Agen Perubahan Dalam Pencegahan Stunting Melalui Informasi Digital. Universitas Hang Tuah Pekanbaru, 5(3), 248–253.

SSGI. (2023). Hasil Survei Status Gizi Indonesia. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://promkes.kemkes.go.id/materi-hasil-survei-status-gizi-indonesia-ssgi-2022




DOI: https://doi.org/10.35334/neotyce.v3i3.4726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal Indexed by: 

image host       image host image hostDimensions

 

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : (+62)82188737351

Email : bchs@borneo.ac.id

Laman : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/NEOTYCE

View My Stats