PROGRAM COMMUNITY CHALLENGE ATASI STUNTING BAGI BADUTA, ANAK YANG BERESIKO STUNTING, IBU HAMIL & IBU MENYUSUI

Nur Saupa Yuthika, Andini Ayu Lestari Putri, Nurfatima Soleha, Risky Regita Cahyani, Shelty Julia Palimbunga, Gusriani Gusriani, Maria Imaculata Ose, Tri Astuti Sugiyatmi, Andi Yuniarsy Hartika

Abstract


Program Community Challenge sebagai suatu program percepatan penurunan stunting dengan memberdayakan kader, bidan dan tokoh masyarakat. Community Challenge merupakan suatu program lomba yang dirancang sebagai salah satu upaya penurunan stunting dengan fokus kegiatan perancangan menu makanan seimbang sesuai dengan isi piringku untuk Baduta, Ibu Menyusui Dan Anak Yang Beresiko Stunting. Tujuan pelaksanaan program ini diharapkan bisa menurunkan angka prevalensi stunting dan mencegah terjadinya stunting dengan berbasis pemberdayaan masyarakat setempat dalam mengolah menu dan menyajikan makanan dengan kandungan gizi seimbang sesuai dengan isi piringku. Metode: Dilaksanakan di Kabupaten Tana Tidung oleh tim dari Universitas Borneo Tarakan. Diadakan selama sebulan yakni 9 Oktober-7 November 2023 dengan menggunakan metode sosialisasi. Melakukan focus group discussion (FGD) dengan sasaran Bidan, Kader Posyandu, Keluarga Yang Memiliki Baduta, Anak Yang Beresiko Stunting, Dan Ibu Menyusui. Sasaran diberikan sosialisasi dan edukasi terkait bagaimana mengolah bahan makanan yang bergizi dan seimbang sesuai dengan isi piringku yang dapat memanfaatkan bahan pangan lokal. Hasil: Dengan adanya sosialisasi serta edukasi dan lomba dari program Community Challenge bisa membantu para sasaran dalam mengolah bahan makanan yang bergizi dan seimbang. Kesimpulan: Kegiatan lomba program Community Challenge ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam mendukung program pemerintah untuk mempercepat penurunan stunting di wilayah Kabupaten Tana Tidung yang turut melibatkan sasaran.

 


Keywords


Community Challenge; Bayi Bawah Dua Tahun; Ibu Menyusui; Stunting

Full Text:

PDF

References


Astika, Tria et al. 2021. Pemberdayaan Kader Posyandu Dalam Fortikasi Pangan Organik Berbasis Pangan Lokal Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Pada Balita. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik 4(1): 110. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/jpmt.

Elly Marlina Usman, Fera Nurul Wirdah, Sarah Salsabila, and Roby Zam Zam Rafsanjani. 2021. Strategi Penanggulangan Stunting Pada Balita Dan Pemberian Makanan Tambahan Bergizi Di Desa Kertahaja. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1(November). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings.

Norsanti, Norsanti. 2021. EFEKTIVITAS PROGRAM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING DI KECAMATAN BATUMANDI KABUPATEN BALANGAN (Studi Kasus Pada Desa Mampari Dan Desa Banua Hanyar). Jurnal Administrasi Publik dan Pembangunan 3(1): 10.

Purbowati, Mustika Ratnaningsih, Ira Citra Ningrom, and Ratna Wulan Febriyanti. 2021. Gerakan Bersama Kenali, Cegah, Dan Atasi Stunting Melalui Edukasi Bagi Masyarakat Di Desa Padamara Kabupaten Purbalingga. AS-SYIFA : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat 2(1): 15.

Purnamasari, Kurniati Devi, Widya Maya Ningrum, and Siti Rohimah. 2023. “‘DAHSAT’ (Dapur Sehat Atasi Stunting) Sebagai Model Intervensi Dalam Program Percepatan Penurunan Stunting.†Jurnal SOLMA 12(2):38997. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/11371.

Purnomo, Daru et al. 2022. Strategi Percepatan Penurunan Stunting Melalui Pendampingan Kader Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) Dan Forum Suara Keluarga Berisiko Stunting Kelurahan Kauman Kidul Salatiga Tahun 2022.JMS Jurnal Pengabdian Masyarakat 03(01): 14156. https://ejournal.uksw.edu/jms/article/view/7985%0Ahttps://ejournal.uksw.edu/jms/article/download/7985/2344.

Saputri, Rini Archda. 2019. Upaya Pemerintah Daerah Dalam Penanggulangan Stunting. Jdp (Jurnal Dinamika Pemerintahan) 2(2): 15268.

Shiyam, Rahma Lailatush, Hartuti Purnaweni, and Amni Zarkasyi Rahman. 2020. Pencegahan Stunting Melalui Program Gemarikan Oleh Posyandu Di Kabupaten Jepara. Public Policy Management 11(1): 12637.

Wayan, Ni, Dian Ekayanthi, and Pudji Suryani. 2019. Ekayanthi, N. W. D., & Suryani, P. (2019). Edukasi Gizi Pada Ibu Hamil Mencegah Stunting Pada Kelas Ibu Hamil. Jurnal Kesehatan, 10(3), 312-319. 10(November): 31219.




DOI: https://doi.org/10.35334/neotyce.v3i3.4873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal Indexed by: 

image host       image host image hostDimensions

 

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : (+62)82188737351

Email : bchs@borneo.ac.id

Laman : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/NEOTYCE

View My Stats