PENYULUHAN TENTANG GIZI KEHAMILAN DALAM UPAYA MENCEGAH KEK PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS GUNUNG LINGKAS KOTA TARAKAN TAHUN 2023

Gusriani Gusriani, Nur Citra, Wahyu Asih Winda Firdawanti, Nesha Helsia Sudarsono, Salsabilla Firda Hartanto, Asyifa Salsabila Setiawan, Nurhayati Nurhayati, Jesnita Jesnita

Abstract


WHO mengatakan dari 40% kematian ibu di negara berkembang berkaitan erat dengan Kurang Energi Kronik (KEK). KEK (Kekurangan Energi Kronis) ini masih merupakan masalah yang cukup banyak terjadi di negara Indonesia. KEK pada masa prakehamilan dan selama kehamilan dapat meningkatkan faktor resiko bayi lahir anak Intra Uterine Growth Retardation (IUGR), Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), sampai resiko stunting. Tujuan dari kegiatan pengabdian Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan Ibu hamil tentang pentingnya gizi selama kehamilan, sehingga diharapkan gizi Ibu hamil dapat meningkat dan menurunkan resiko masalah Kesehatan pada Ibu dan janin. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan melalui pendekatan edukatif kepada Masyarakat dengan metode penyuluhan, diskusi, dan tanya jawab. Ibu hamil yang hadir 6 orang dan semua mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri setelah materi gizi selama kehamilan di berikan.


Keywords


KEK, Gizi, Ibu Hamil

Full Text:

PDF

References


Fazirah, Kiki, Akmal Novrian Syahruddin, and Irmawati. 2022. “Fakto Risiko Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kurang Energi Kronik (KEK) Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Sudiang Raya Kota Makassar.†The Journal of Indonesian Community Nutrition 11(1): 11.

Heryunanto, Dimas et al. 2022. “Gambaran Kondisi Kekurangan Energi Kronis Pada Ibu Hamil Di Indonesia, Faktor Penyebabnya, Serta Dampaknya.†PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat 6(2): 1792–1805.

Pratiwi, Vera, Siswanto Pabidang, Program Studi Kebidanan, and Program Magister Stikes Guna Bangsa Yogyakarta. 2023. “Hubungan Antara Kejadian Kekurangan Energi Kronis (Kek) Dan Anemia Pada Ibu Hamil Dengan Panjang Badan Lahir Pendek Di Kabupaten Sleman.†Jurnal Ners 7(1): 293–302.

Sari, Nirma Lidia. 2022. “Faktor Yang Berhubungan Dengan Kekurangan Energi Kronis (KEK) Pada Ibu Hamil Di PMB Nurhasanah S.ST Teluk Betung Kota Bandar Lampung.†Jurnal Ilmu Gizi Indonesia (JIGZI) 3(1): 1–8.

Selvia, Dea, and Ari Wahyuni. 2022. “Jurnal Kesehatan Saintika Meditory Jurnal Kesehatan Saintika Meditory.†Jurnal Kesehatan Saintika Meditory 4(4657): 78–84.

Simbolon, Demsa, Antun Rahmadi, and Jumiyati Jumiyati. 2019. “Pengaruh Pendampingan Gizi Terhadap Perubahan Perilaku Pemenuhan Gizi Ibu Hamil Kurang Energi Kronik (KEK).†Jurnal Kesehatan 10(2): 269.

Siregar, Ronni Naudur, Netti Meilani Simanjuntak, and Agnes Purba. 2023. “Penyuluhan Tentang Gizi Kehamilan Dalam Mencegah Kek Di Klinik Pratama Tanjung Tahun 2023.†Community Development Journal 4(2): 3473–76.

Sisy Rizkia Putri. 2020. “Jurnal Penelitian Perawat Profesional Pencegahan Tetanus.†British Medical Journal 2(5474): 1333–36.

Suryani, Lilis, Merisa Riski, Rini Gustina Sari, and Heru Listiono. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Kekurangan Energi Kronik Pada Ibu Hamil.†Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 21(1): 311.




DOI: https://doi.org/10.35334/neotyce.v3i3.4879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal Indexed by: 

image host       image host image hostDimensions

 

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : (+62)82188737351

Email : bchs@borneo.ac.id

Laman : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/NEOTYCE

View My Stats