Upaya Pencegahan Stunting dengan Program Succes Goes to School Melalui KKNT MBKM Universitas Borneo Tarakan

Ardiansyah Ardiansyah, Noor Ainah, Deby Deby, Yusnia Yusnia, Riya Amelia, Dhanu Agung Nur Abdiansyah, Gusriani Gusriani, Mega Octamelia, Maria Imaculata Ose, Reni Tri Cahyani

Abstract


Provinsi Kalimantan Utara adalah provinsi yang terbentuk sebagai Daerah Otonom Baru. Ibu kota dari provinsi Kalimantan Utara adalah Kabupaten Bulungan dan Ibu Kota dari Kabupaten Bulungan dengan Kelurahan Tanjung Selor Hilir yang luasnya 191,34 Km², merupakan wilayah kelurahan terluas dikabupaten bulungan, dan memiliki latar belakang yang bervariasi tidak menolak kemungkinan kabupaten bulungan memiliki kasus stunting. Stunting merupakan sebuah kondisi dimana Balita (Bayi Bawah Lima Tahun) mengalami gagal tumbuh kembang akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Success Goes to School adalah program yang mengajak siswa-siswi sekolah untuk membawa bekal 2 kali dalam seminggu dengan konsep Isi Piringku, sebagai upaya awal perubahan perilaku dan pola makan, dengan melibatkan peran aktif orang tua, guru, dan masyarakat. Pelaksanaan program Succes Goes to School dimulai dengan sosialisasi program dan dilanjutkan dengan pengukuran status gizi siswi kelas X Kuliner SMKN 1 Tanjung Selor, lalu mulai membawa bekal 2 kali dalam seminggu dimulai sejak pada tanggal 31 Oktober - 1 Desember, pada hari selasa dan jumat, disertai pemberian Tablet Fe pada hari jumat untuk seluruh siswi SMKN 1 Tanjung Selor, dimana bekal yang dibawa oleh siswa-siswi adalah bekal dengan konsep isi piring ku, dan setelah melakukan pengukuran antropometri setelah 30 hari membawa bekal, di dapatkan hasil bahwa sebagian besar siswa-siswi kelas X Kuliner mengalami peningkatan BB dan LILA. Adapun setelah dilaksanakannya program Succes Goes to School ada perubahan status gizi pada siswi kelas X Kuliner, setelah dilakukan pengukuran antropometri kedua kalinya.

 

 


Keywords


Stunting, Kalimantan Utara, UBT, Succes Goes to School

Full Text:

PDF

References


Astuti, Joni Lisa Mawar, Sutrisno, N. N. (2023). Kejadian Stunting pada Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Bunyu Kalimantan Utara. Aspiration of Health Journal, 01(01), 153–163.

Atasasih, H. (2022). Sosialisasi “Isi Piringku†Pada Remaja Putri Sebagai Upaya Pencegahan Stunting. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 116–121. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.4685

Makripuddin, . Lalu, Dadi Ahmad Roswandi, F. T. T. (2021). Kebijakan dan Strategi Percepatan Penurunan Stunting Di Indonesia Training Of Trainer (ToT) Pendampingan Keluarga dalam Percepatan Penurunan Stunting bagi Fasilitator Tingkat Provinsi.

Pemerintah Kabupaten Bulungan, & Kecamatan Tanjung Selor. (2022). Tanjung Selor Data Umum 2021. Pemerintah Kabupaten Bulungan Kecamatan Tanjung Selor.

Tobing, M. L., Pane, M., Harianja, E., Badar, S. H., Supriyatna, N., Mulyono, S., TIM NASIONAL PERCEPATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN, & TNPK. (2021). 100 Kabupaten/Kota Prioritas untuk Intervensi Anak Kerdil (Stunting). PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 13(1), 238–244. http://www.tnp2k.go.id/images/uploads/downloads/Binder_Volume1.pdf

Wahyuni, Etty, Jero Budi Darmayasa, Eng. Linda Sartika, Anang Sulistyo, Fitri Wijarini, Nurman Hidaya, D. S. (2022). Petunjuk Teknis Program (KKN) MBKM Universitas Borneo Tarakan 1 | Page.

Wahyuni, E. & M. I. O. (2022). Upaya Penurunan dan Pencegahan Stunting Melalui Edukasi dan Perilaku Hidup Sehat Bersih. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 424–434.

Yang, F.-F., Dengan Kejadian, B., Jalilah, N. H., Ariyanti2, R., Febrianti, S., & Kesehatan, F. I. (2022). Faktor- Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Stunting pada Balita di Kalimantan Utara. Jambura Journal of Health Sciences and Research, 4(0), 106–112.




DOI: https://doi.org/10.35334/neotyce.v3i3.4904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal Indexed by: 

image host       image host image hostDimensions

 

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : (+62)82188737351

Email : bchs@borneo.ac.id

Laman : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/NEOTYCE

View My Stats