Pendampingan Community Challenge Di Desa Wisata Long Loreh

Nursalehuddin Nursalehuddin, Mellyani Boru Manihuruk, Mikael Mangga, Jumriana Jumriana, Resty Indiriawati, Enilin Oktovianus, Nurrahmi Umami, Gusriani Gusriani, Maria Imaculata Ose, Tri Astuti Sugiyatmi

Abstract


Stunting masih menjadi permasalahan gizi di Indonesia yang merupakan gangguan pertumbuhan linier disebabkan kurang gizi yang berlangsung kronis. Pengetahuan ibu mengenai gizi akan berpengaruh terhadap hidangan dan mutu makanan yang disajikan. Gizi yang optimal sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan fisik dan kecerdasan anak. Salah satu upaya pemenuhan gizi seimbang adalah menggunakan porsimakan “Isi Piringkuâ€. Program Community challenge merupakan salah satu program kesehatan yang memiliki peran dan fungsi yang komprehensif. Stunting adalah ganguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi yang di tandai dengan panjang atau tinggi badan berada dibawah standar. Penerapan program community challenge dalam menolak stunting mengajak masyarakat untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Penerapan program community challenge yang baik diperlukan kesiapan dalam menangani kondisi Pengetahuan masyarakat Berkaitan dengan meningkatkan mengonsumsi protein, meningkatkan status kesehatan, dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menangani stunting

Keywords


Community Challenge, Stunting

Full Text:

PDF

References


Lolan, YP, & Sutriyawan, A. (2021). Pengetahuan Gizi dan Sikap Orang Tua tentang Pola Asuh Makanan Bergizi dengan Kejadian Stunting. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, 9(2), 116-124.

Murti, LM, Budiani, NN, & Darmapatni, MW (2020). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Gizi Balita dengan Kejadian Sunting Anak Umur 36-59 Bulan di Desa Singakerta Kabupaten Gianyar. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 8(2).

Pratiwi, W.(2023). Cegah Balita Dari Stunting Melalui Edukasi Isi Piringku Di Posyandu CempakaKabupaten Barru. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyaraka, 450-456.

Qolbi, PA, Munawaroh, M., & Jayatmi, I. (2020). Hubungan Status Gizi Pola Makan dan Peran Keluarga terhadap Pencegahan Stunting pada Balita Usia 24 – 59 Bulan. Jurnal Ilmiah Kebidanan Indonesia, 10(4).

Ramadhani, A. S.(2023). Penyuluhan Ibu Balita Stunting-Wastingtentang Isi Piringku Kaya Protein Hewani Usia 2-5Tahundi Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. Jurnal Abdias, 318-323.

Sinaga, R., Tampubolon, R., Dewi, R., Susanti, E., Andarina, Y., Sukriyah, dkk. (2022). Program Penerapan Isi Piringku untuk Pencegahan Stunting pada Balita di Puskesmas Kokonao Distrik Mimika Barat Kabupaten Mimika Tahn 2022. Prosiding PKM-CSR, 5.

Umami, N., Ariyanti, R., Yuliyanti, I., Citra, N., Noviani, D., Tri Lestary, T., Studi, P. S., Ilmu Kesehatan, F., Borneo Tarakan, U., & Utara, K. (2023). SOSIALISASI EDUKASI TENTANG ASUHAN KEBIDANAN BERBASIS BUDAYA GUNA MENINGKATKAN PENGETAHUAN PADA KELOMPOK IBU HAMIL. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1688–1692. http://112.78.38.8/index.php/jpmb/article/view/16484

Wahyuni1, T., Syswianti, D., Suazini, ER, Handayani, TP, Humaeroh, L., Linda, dkk. (2022). Edukasi "isi Piringku" untuk Balita di PAUD Al-Azmi Kecamatan Cilawu Garut. Jurnal Dedikasi, 3(2), 99-103.




DOI: https://doi.org/10.35334/neotyce.v4i1.4922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal Indexed by: 

image host       image host image hostDimensions

 

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : (+62)82188737351

Email : bchs@borneo.ac.id

Laman : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/NEOTYCE

View My Stats