Edukasi Video Animasi Gizi Seimbang Sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Remaja Kelas XII IPS 2 di MAN 1 BANYUMAS

Pramesti Regita Rakhmasari, Pramesti Dewi, Maya Safitri

Abstract


Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal. Edukasi video animasi gizi seibang dapat digunakan sebagai salah satu Upaya untuk meningkatkan pengetahuan gizi pada remaja. Tujuan pengabdian ini untuk mengetahui nilai pengetahuan remaja sebelum dan sesudah dilaksanakan edukasi gizi seimbang dan mengethui nilai IMT pada remaja. Kegiatan pengabdian meliputi tahap pra survei, pelaksanaan, evaluasi, yang diakukan dengan ceramah dengan media  power point dan video animasi. Pengabdian dilaksanakan 2 kali pertemuan 15 Maret dan 24 Maret 2024, kepada remaja di kelas XII IPS 2 MAN 1 Banyumas. Hasil kegiatan menunjukan bahwa post test pada pertemuan pertama menunjukan peningkatan dengan ditandai terdapat 33 remaja atau 84,61% berada pada kategori baik dan pada pertemuan kedua menunjukan hasil post test 35 remaja atau 89,74% berada pada kategori pengatahuan baik. Selain itu, remaja juga melakukan penghitungan IMT secara mandiri pada pertemuan pertama dan mendapatkan hasil 27 remaja atau 69,2% berada pada kategori IMT normal.


Keywords


Edukasi; Gizi Seimbang; Remaja; Video Animasi

Full Text:

PDF

References


Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran video animasi dua dimensi situs Pekauman di Bondowoso dengan model ADDIE mata pelajaran Sejarah kelas X IPS. Jurnal edukasi, 5(1), 19-23.

Andriani, R., Herawati, I., & Fis, S. (2016). Hubungan antara indeks massa tubuh dan aktivitas fisik dengan volume oksigen maksimum (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Anestya, M., & Muwakhidah, S. K. M. (2018). Pengaruh Pendidikan Gizi Dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Siswa Dalam Pemilihan Jajanan Di Smp Muhammadiyah 10 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ardie, H. F., & Sunarti, S. (2019). Pengaruh media video terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang pada siswa kelas V di SDN 016 Samarinda Seberang. Borneo Studies and Research, 1(1), 284-289.

Bond, K. T., & Ramos, S. R. (2019). Utilization of an animated electronic health video to increase knowledge of post- A nd pre-exposure prophylaxis for HIV among African American Women: Nationwide cross-sectional survey. JMIR Formative Research, 3(2). https://doi.org/10.2196/formative.9995

Fatimah, F., Widyastutik, O., & Suwarni, L. (2019). Efektivitas media audiovisual (video) terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap kelompok masyarakat tentang program G1R1J. Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa, 6(2), 44-51.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku generasi Z terhadap penggunaan media sosial TikTok: TikTok sebagai media edukasi dan aktivisme. Share Social Work Journal, 10(2), 199-208.

Fitria, F., Musniati, N., & Mulyawati, D. A. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan tentang Gizi Seimbang pada Siswa SMA Muhammadiyah 13 Jakarta. Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF), 3(1), 11-16.

Frisda, B. N., Widati Fatmaningrum, W., & Ningtyas, W. S. (2022). Pendidikan Gizi Seimbang Dengan Media Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Remaja. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 1988-1998. Kemenkes, R. I. (2018). Hasil utama RISKESDAS

id/resources/download/info-

Jatmika, S. E. D., Jatmika, S. E. D., Maulana, M., KM, S., & Maulana, M. (2019). Pengembangan Media Promosi Kesehatan.

Kemenkes, R. I. (2014). Pedoman Gizi Seimbang Kementerian Kesehatan RI 2014.

Lestari, P. (2020). Hubungan Pengetahuan Gizi, Asupan Makanan dengan Status Gizi Siswi Mts Darul Ulum. Sport and Nutrition Journal, 2 (2), 73–80.

Ndagano, B., Defienne, H., Lyons, A., Starshynov, I., Villa, F., Tisa, S., & Faccio, D. (2020). Imaging and certifying high-dimensional entanglement with a single-photon avalanche diode camera. Npj Quantum Information, 6(1). https://doi.org/10.1038/s41534-020-00324-8

Nurfitriani, J., & Kurniasari, R. (2023). Edukasi gizi menggunakan media video animasi dan poster terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada remaja. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(3), 503-506.

PUTRA, O. C., Darwis, D., Ismiati, I., Ningsih, L., & Sumiati, S. (2021). Pengaruh Edukasi Metode Ceramah Menggunakan Media Video Animasi terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang pada Remaja di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Bengkulu).

Qamariyah, B., & Susila Nindya, T. (2018). Hubungan Antara Asupan Energi, Zat Gizi Makro dan Total Energy Expenditure dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar Correlation between Energy Intake, Macro Nutrients and Total Energy Expenditure and Nutritional Status of Elementary Students. 12–15. https://doi.org/10.2473/amnt.v2i1.2018.59-65

Riskesdas, T. (2018). Laporan Provinsi Jawa Tengah Riskesdas 2018. Kementerian Kesehatan RI, 88-94.

Rizky Indrasari, O., Sutikno, E., Ilmu Kesehatan, F., Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, I., & Sains Teknologi dan Analisis, F. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Remaja Usia 16-18 Tahun. In The Indonesian Journal of Health) (Issue 3).

Sari, E. M., & Rafiony, A. (2020). Pengetahuan Tentang Pedoman Gizi Seimbang Dan Pola Makan Siswa Sman 1 Pontianak. Pontianak Nutrition Journal (PNJ), 3(1), 1-5.

Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874

terkini/materi_rakorpop_2018/Hasil%




DOI: https://doi.org/10.35334/neotyce.v4i2.5553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal Indexed by:

image hostimage hostimage hostimage host 

Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : (+62)82188737351

Email :bchs@borneo.ac.id

Laman : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/NEOTYCE

View My Stats