INTEGRASI PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI MELALUI METODE WHOLE SCHOOL APPROCH SEBAGAI BENTUK PENGUATAN KARAKTER POSITIF REMAJA DI WILAYAH PESISIR KOTA TARAKAN
Abstract
ABSTRAK
Artikel ini membahas pelaksanaan program "Integrasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi melalui metode Whole School Approach" di wilayah pesisir Kota Tarakan, yang bertujuan untuk memperkuat karakter positif remaja melalui pendidikan kesehatan reproduksi. Program ini melibatkan berbagai elemen sekolah, termasuk siswa, guru, orang tua, dan masyarakat, dalam upaya menciptakan lingkungan yang mendukung pemahaman dan kesadaran akan isu-isu kesehatan reproduksi. Selama pelaksanaan, diikuti oleh lebih dari 30 siswa, yang menunjukkan peningkatan pengetahuan sebesar 86%. Selain itu, 50 siswa terlatih sebagai Peer Educator untuk menyebarkan informasi kepada teman sebaya. Keterlibatan orang tua dan masyarakat juga meningkat, dengan partisipasi mencapai 70%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sikap positif siswa terhadap kesehatan reproduksi meningkat dari 75% menjadi 85% setelah program. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan kolaboratif dalam pendidikan kesehatan reproduksi, yang tidak hanya meningkatkan pengetahuan, tetapi juga membangun dukungan sosial yang diperlukan untuk keberhasilan program. Artikel ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi pengembangan program serupa di daerah lainKeywords
Full Text:
PDFReferences
BPS Kota Tarakan. (2021). Hasil Sensus Penduduk 2020 Kota Tarakan.
Choi, S. S., Yang, S. B., Lim, M. H., Lim, J. Y., Kim, K. M., Lee, Y., Shim, S.-H., Kim, M. S., & Chang, H. Y. (2023). Psychological aftereffects experienced by sexually abused children: Psychopathological characteristics revealed by the K-CBCL. Medicine, 102(38), e34699. https://doi.org/10.1097/MD.0000000000034699
Dinas Pemberdayaan Perempuan, P. A. P. P. dan K. B. P. K. U. (2022). Buku Profil 2022.
Indah Noviyanti, N., Johan Dari Timur, B., Padlillah, R., Kebidanan, J., Ilmu Kesehatan, F., & History, A. (2023). PENGARUH SUMBER INFORMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA DI WILAYAH PESISIR KALIMANTAN UTARA Article Info ABSTRACT / ABSTRAK. Jurnal Kesehatan Delima Pelamonia, 7. https://ojs.iikpelamonia.ac.id/index.php
Kemensos RI & UNICEF. (2020). Pencegahan kekerasan, penelantaran, dan eksploitasi terhadap anak penguatan kapabilitas anak dan keluarga. 8. https://www.kemsos.go.id/uploads/topics/15870130163297.pdf
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016 Tentang Komite Sekolah.
Pendidikan, K., Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, dan, Dasar, P., & Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menengah Pertama, dan. (n.d.). PEDOMAN PROGRAM KESEHATAN REPRODUKSI JENJANG SMP.
Rochmayani, D. S., & Budiono, I. (2020). Development of School Reproductive Health Education Index Model (Indeks Pendidikan Kesehatan Reproduksi Sekolah / IPKPRS). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 16(1), 138–145. https://doi.org/10.15294/kemas.v16i1.25162
Sardjoko, S. (n.d.). PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DALAM RPJMN 2020-2024: MENUJU INDONESIA MAJU.
Survei rumah tangga nasional (SUSENAS, RISKESDAS, SDKI) dan data administratif (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, K., & Kesehatan). (2016). SDG untuk Anak-Anak di Indonesia Profil singkat provinsi: Kalimantan Utara. https://www.unicef.org/indonesia/sites/unicef.org.indonesia/files/2019-06/Bahasa Kalimantan Utara lowres2.pdf
DOI: https://doi.org/10.35334/neotyce.v5i1.6172
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal Indexed by:
Borneo Community Health Service (NEOTYCE) Journal
FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN
JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123
Phone : (+62)82188737351
Email :bchs@borneo.ac.id
Laman : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/NEOTYCE