Analisis Efisiensi Termal Pada Kompor Biomassa Dengan Menggunakan Metode Water Boiling Test (WBT)

Muhammad Fajar Aryansyah, Hadi Santoso, Muh. Firdan Nurdin

Abstract


Kompor biomassa adalah salah satu teknologi pemanfaatan biomassa untuk keperluan memasak pada sektor rumah tangga. Biomassa dapat berasal dari hasil alam, contohnya kayu meranti yang digunakan sebagai bahan bakar pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembakaran yang terjadi pada kompor biomassa dan mengetahui efisiensi termal pada kompor. Proses pengukuran serta pengambilan data pada kompor biomassa, akan dilakukan dengan menggunakan metode Water Boiling Test (WBT). Metode ini dilakukan untuk menghitung efisiensi termal pada kompor biomassa dan akan dilakukan pengukuran kalor pada dinding kompor. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan 3 variasi volume air yaitu, 1 liter, 1,5 liter, dan 2 liter. Nilai efisiensi yang terdapat pada massa 1 liter air sekitar 26,6%, untuk massa 1,5 liter air sekitar 33,6% dan pada massa 2 liter air sekitar 41,8%. Jumlah bahan bakar biomassa yang digunakan sebesar 2,5 kg. Dari hasil pembakaran terdapat sisa bahan bakar yang berbeda massanya. Hasil dari percobaan 1 liter menyisakan lebih banyak bahan bakar sebesar 1,5 kg dan membakar biomassa sebesar 1 kg. Lalu pada percobaan 1,5 liter menyisakan bahan bakar sekitar 1,1 kg dan membakar biomassa sebanyak 1,4 kg. Pada percobaan 2 liter air menyisakan bahan bakar sebesar 0,9 kg dan membakar biomassa sebanyak 1,6 kg.


Full Text:

PDF

References


P. Basu, Biomass Gasification, Pyrolisis, and Torrefaction: Partical design and Theory, Third Edition, London: Elsevier Inc, 2018.

P. A. Setiawan, Perancangan Kompor Biomassa Persegi Dengan Pemodelan Matlab Dan Metode Beda Hingga. Undergraduate [Thesis]. UMM, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2019. [Online]. Available: UMM Institutional Repository.

B. V. Babu, A. S. Chaurasia, “Modeling for Pyrolysis of Solid Particle: Kinetics and Heat Transfer Effects,†Energy Conversion and Management, vol. 44, no. 14, pp. 2251-2275, August 2003.

M.S. Seveda, P.D. Narale, S.N. Kharpude, Bioenergy Engineering, India: Narendra Publishing House, 2002.

F. Inayati, Perancangan Dan Optimasi Kinerja Kompor Gas Biomassa Rendah Emisi Karbon Monoksida Berbahan Bakar Biopellet Dari Kayu Karet, Undergraduate [Thesis]. UI, Depok: Universitas Indonesia, 2012. [Online]. Available: Universitas Indonesia Library.

L. Parinduri, T. Parinduri, â€Konversi Biomassa Sebagai Sumber Energi Terbarukan,†Journal of Electrical Technology, vol. 5, no. 2, pp. 88-92, Juni 2020.

R. Djafar, Y. Djamalu, S. Haluti, S. Botutihe, “Analisis Performa Kompor Gasifikasi Biomassa Tipe Forced Draft Menggunakan Variasi Jumlah Bahan Bakar Tongkol Jagung,†Jtech vol. 5, no. 2, pp. 90-96, 2018.

H. Santoso, H. Iromo, “Rancang Bangun Kompor Biomassa Berbahan Dasar Plat Besi dan Beton Dilengkapi Dengan Teknologi Blower,†Jurnal Reaktom, vol. 03, no. 02, hal. 22-25, 2018.

M. Nurhuda, “Kompor Biomassa UB: Menuju Kemandirian Energi Bagi Rakyat Miskin,†M&E, vol. 9, no. 4, pp. 4-10, Desember 2011.

Z. Syahira et al, â€Optimasi Analisis Dan Efisiensi Energi Termal Menggunakan Tungku Sekam Sebagai Bahan Bakar Alternatif Rumah Tangga (Studi Kasus: Praktikum Termodinamika),†Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016., pp. 61-66, Oktober 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal BEARINGS published by Mechanical Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Borneo Tarakan