Rancang Bangun Dan Analisis Kekuatan Poros Roda Belakang Pada Mobil Listrik

Muhammad Rizaldi T., Shinta Tri Kismanti, Muh. Firdan Nurdin

Abstract


Poros adalah salah satu bagian yang penting dari komponen mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan merancang poros dengan metode eksperimen dan komputasi. Metode ini dilakukan untuk mengetahui kekuatan poros. Hasil rancangan didapatkan momen puntir pada poros adalah 974 kg,mm, Diameter poros 20 mm, dan momen lentur dengan variasi beban pengendara 45 kg, 55 kg dan 65 kg. Nilai momen lentur  yang paling besar terjadi pada beban 65 kg yaitu 540.000 N.mm. Proses Desain dan Simulasi pada poros menggunakan komputasi dengan variasi beban pengendara 45 kg, 55 kg dan 65 kg. Beban pengendara maksimal 65 kg didapatkan hasil simulasi menunjukkan bahwa nilai von mises adalah 172,25 Mpa. Besar nilai displacement (lendutan) yang terjadi sebesar 0,38 mm, nilai minimum safety factor adalah 2,03. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa poros yang di rancang aman dengan beban pengendara hingga 65 kg.

 


Full Text:

PDF

References


A. Husein and M.I. Achmad, “Perencanaan Poros Roda Belakang Pada Gokart,†Roda Gigi Jurnal Teknik Mesin Unidayan, vol. 1, no. 1, pp. 29-34, Februari 2017.

R.A. Subekti, dkk., Peluang Dan Tantangan Pengembangan Mobil Listrik Nasional. Jakarta: LIPI Press, 2014.

A. Efendi and A.S. Buchori, “Pemeliharaan Mesin Mobil Listrik Sula Politeknik Negeri Subang,†Jurnal Rekayasa Mesin, vol. 14, no. 3, 2019.

M. Nasution, “Karakteristik Baterai Sebagai Penyimpan Energi Listrik Secara Spesifik,†Journal of Electrical Technology, vol. 6, no.1, 2021.

F. Fauzi, “Analisis Perancangan Penggerak Belakang Gokart 150cc DOHC,†Tugas Akhir Program Studi D3 Teknik Mesin Program Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2016.

A. Gumilar, “Perencanaan Poros Pengaduk Bahan Baku Tegel Limbah Tempurung Kelapa,†Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, pp. 43-46, 2017.

Sularso and K. Suga, Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: PT. Pradya Paramita, 2013.

V.AT. Manurung, Y.T.J. Wibowo, S.Y. Baskoro, Paduan Metalografi, Jakarta: LP2M Politeknik Manufaktur Astra, 2020.

W. Pawirodikromo, Analisis Tegangan Bahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

H. Salafuddin, “Desain Dan Analisis Kekuatan Pada Rangka Kendaraan Jenis Prototype Sesuai Standar Shell Eco Marathon Asia,†Undergraduate Thesis, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal BEARINGS published by Mechanical Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Borneo Tarakan