Studi Laju Korosi Plat Baja Hitam Dengan Penambahan Inhibitor Bawang Dayak Di Lingkungan Air Laut

Nasir Nasir, Hadi Santoso, Marhadi Budi Waluyo

Abstract


Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh penambahan inhibitor ekstrak bawang dayak terhadap laju korosi. Bawang dayak dipilih karena mengandung antioksidan yang kuat sebesar 94% sehingga baik untuk dijadikan inhibitor yang dapat menghambat laju korosi. Material uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah plat baja hitam yang rentan dan cepat terkena korosi di lingkungan air laut. Plat baja hitam direndam pada wadah berisi air laut dengan beberapa variasi penambahan bubuk ekstrak bawang dayak yakni 0 ppm, 50 ppm, 100 ppm, 150 ppm, 200 ppm. Pengamatan dilakukan terhadap laju korosi logam dan efesiensi inhibitor dari uji weight loss selama interval 5, 10, 15, 20, 25, dan 30 hari. Pengujian mekanisme kerja inhibitor dianalisa melalui uji foto makro dan uji FTIR. Hasil uji weight loss dan efisiensi menunjukkan nilai laju korosi tertinggi dengan penambahan inhibitor bawang dayak sebesar 200 ppm yaitu 0,09 mm/year, dengan efisiensi terendah 21,41%. Sedangkan nilai laju korosi terendah dengan penambahan inhibitor bawang dayak sebesar 50 ppm yaitu 0,12 mm/year dengan efisiensi tertinggi 35,85%.


Full Text:

PDF

References


S.T.D. Christiyanto, “Pengaruh Lingkungan Pantai Terhadap Laju Korosi Dan Sifat Mekanik Pada Baja Karbon Sedang Dengan Perlakuan Panas Quenching Dan Normalizing,†Tugas Akhir, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia, 2017.

A.A. Maidhah, “Pengaruh Aliran Dan Konsentrasi Inhibitor Suplemen Vitamin C Terhadap Proteksi Korosi Baja API 5L Grade B Pada Lingkungan Asam PH 5,†Tugas Akhir, Fakultas Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Indonesia, 2015.

A.A. Maidhah, “Pengaruh Inhibitor Paracetamol Terhadap Laju Korosi Material System Bahan Bakar Di Lingkungan Bensin Pertalite,†Tesis, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia, 2018.

I. Lestari, R. Nisa, N. Sakinah, Mardiah, “Studi Laju Korosi Logam Aluminium dengan Penambahan Inhibitor dari Ekstrak Daun Karamunting (Rhodomyrtus Tomentosa) dalam Larutan NaOH,†Jurnal Integrasi Proses, vol. 7, no. 1, Juni 2018.

Ansar, “Studi Laju Korosi Plat Baja Hitam Dengan Penambahan Inhibitor Astaxanhtin,†Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan, Indonesia, 2022.

Asdar, “Studi Laju Korosi Plat Baja Hitam Dengan Penambahan Inhibitor Bawang Lanang (Allium Sativum Solo Garlic),†Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan, Indonesia, 2022.

Miranda, “Analisis Laju Korosi Pada Logam Melalui Proses Dipcoating Larutan Elektrolit,†Jurnal Hadron, vol. 2, no. 1, 2020.

M. Nasution, “Karakteristik Baja Karbon Terkorosi Oleh Air Laut,†Buletin Utama Teknik, vol. 14, no. 1, 2018.

Trethewey, Diktat Kulliah Korosi, Surabaya: Departemen Material Dan Metalurgi, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh November, 1999.

I.S. Dalimunthe, Kimia Dari Inhibitor Korosi, Fakultas Teknik, Universitas Sumatra Utara, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal BEARINGS published by Mechanical Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Borneo Tarakan