Analisis Konstruksi Rancang Bangun Mesin Uji Universal Menggunakan Sistem Komputasi

Faizal Tanjung, Shinta Tri Kismanti, Muhammad Firdan Nurdin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang mesin uji universal dan menganalisis kekuatan konstruksi mesin uji universal sebelum dilakukan pengujian, untuk merancang dan menganalisis kekuatan konstruksi menggunakan software solidworks dan fitur simulasi, dimana dalam fitur ini akan diamati proses keluaran untuk hasil von misses stress, strain, displacement dan safety factor. Dalam penelitian ini dilakukan variasi pembebanan 100 kg, 200 kg dan 300 kg di titik tempat pengujian rangka konstruksi. Hasil dari penelitian ini didapatkan untuk nilai terbesar pengujian tarik untuk beban maksimal 300 kg degan nilai von misses stress maximal 109 N/mm2, strain maximal 0,00038, displacement maximal 0,077 mm  dan safety factor minimum 2,6, kemudian nilai terbesar pengujian bending untuk beban maksimal 300 kg dengan nilai von misses stress maximal 20 N/mm2, strain maximal 0,00038, displacement maximal 0,009 mm dan safety factor minimum 14. Dari hasil pembebanan kedua pengujian hasil von misses stress tidak melebihi yield strenght material sebesar 290 N/mm2 kemudian untuk hasil strain dan displacement masih bersifat elastis dan hasil safety factor aman. Setelah itu hasil dari perbandingan perhitungan manual dengan hasil solidworks didapatkan persentase galat terbesar untuk perhitungan displacement dengan selisih error 44% dan persentase galat terkecil pada perhitungan safety factor dengan selisih error 0%.


Full Text:

PDF

References


N. A. Sutisna, S. Winardi, A. Suhartono, “Rancang Bangun Mesin Uji Universal untuk Pengujian Tarik dan Tekuk Bertenaga Hidrolik,†Journal of Mechanical Engineering and Mechatronics, vol. 6, no. 1 pp. 32-41, 2021.

D. R. Askeland, The Science and Engineering of Material, Boston USA: Alternate Edition, 1985.

A. Triono, I.W. Puja, S. Soemantri, R. Aditianto, “Analisis Load Cell pada Perancangan Alat Uji Tekan, Bending dan Geser Sederhana,†Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XII (SNTTM XII)., pp.564-566, Oktober 2013.

M. Awwaluddin, “Analisa Kekuatan Rangka Sepeda Listrik menggunakan Software Solidworks,†Jurnal of Technical Engineering, vol. 3, no. 1 pp. 5-16, 2019.

C. D. Lewis, Industrial and Business Forecasting Methods, London: Butterworths, 1982.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal BEARINGS published by Mechanical Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Borneo Tarakan