Perancangan Poros Engkol Pada Mesin Uji Universal (Tekan, Tarik, Dan Bending)

Eko Wahyudin, Sudirman Sudirman, Shinta Tri Kismanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendesain, menghitung torsi yang dibutuhkan dan mengetahui prinsip kerja sebuah poros engkol pada mesin uji universal. Poros engkol berfungsi sebagai penggerak tuas yang terhubung ke hidrolik. Penelitian ini menggunakan metode analitis dan studi pustaka. Hasil penelitian ini dilakukan perancangan poros engkol pada mesin uji universal menggunakan software solidwork yang sebelumnya telah dilakukan perhitungan torsi pada poros engkol dengan variasi jarak yang berbeda-beda. Pada varian jarak poros 35 mm didapatkan torsi 2.744 N.m, kemudian pada jarak poros 50 mm didapatkan torsi 3.920 N.m, selanjutnya pada jarak 75 mm didapatkan torsi 5.880 N.m, dan pada jarak poros 85 mm torsi yang didapatkan adalah 6.664 N.m. Dalam hal tersebut dapat dilihat bahwa semakin jauh jarak yang digunakan maka torsi yang didapatkan semakin besar.


Full Text:

PDF

References


K. R. Dantes and G. Aprianto, Composites Manufacturing and Testing, Edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2017.

A. Apriliansyah, A. Suryawan, I M. Kastiawan, Supardi, “Rancang Bangun Mesin Uji Tarik dan Uji Bending Untuk Pengujian Bahan Komposit Polimer,†Publikasi Online Mahasiswa Teknik Mesin, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2020.

D. Irawan and I. N. Gusniar, “Perancangan Poros Engkol dan Pin pada Genset STAR SPG 1600,†J. Tek. Mesin Indones., vol. 16, no. 2, pp. 2–6, 2021.

F. Mananoma, A. Sutrisno, S. Tangkuman, “Perancangan Poros Transmisi Dengan Daya 100 HP,†J. Tek., vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2018.

J. Aryoseto, Pembuatan Alat Peraga Sistem Hidolik, Diploma [Thesis]. UNS, Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2010. [Online]. Available: Digilib UNS.

O. F. Subarkhah, Rancang Bangun Mesin Dongkrak Hidrolik dengan Bantalan Luncur serta Sistem Elektriknya, Diploma [Thesis]. Untag, Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945, 2020. [Online]. Available: Repository Untag.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal BEARINGS published by Mechanical Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Borneo Tarakan