Pengaruh Variasi Diameter Pipa Inlet Terhadap Kinerja Pompa Hidram

Sultan Sultan, Deny Murdianto, Sudirman Sudirman

Abstract


Pompa hidram (Hydraulic Ram Pump) merupakan pompa pemindah air dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi atau dari tempat yang tidak terlalu tinggi ke tempat yang lebih tinggi. Prinsip kerja hidram adalah dari hantaman air yang kemudian mendorong air untuk ke tempat yang lebih tinggi. Untuk mendapatkan energi potensial dari hantaman air diperlukan syarat utama yaitu harus ada terjunan air yang dialirkan melalui pipa dengan beda tinggi elevasi dengan pompa hidram minimal 1 meter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi diameter pipa inlet terhadap kinerja pompa hidram. Metode yang digunakan adalah eksperimen rancang bangun pompa hidram. Pengaruh variasi diameter pipa inlet terhadap kinerja pompa hidram pada penilitian ini menggunakan 1 inci, 2 inci dan 21/2 inci. Dari penelitian didapatkan hasil debit discharge tertinggi pada pipa inlet 1 inci sebesar 6,028 , debit katup buang terendah didapatkan pada pipa inlet 1 inci sebesar 16,940 , dan efisiensi volumetris tertinggi 49,590% didapatkan pada diameter pipa inlet 1 inci.


Full Text:

PDF

References


L. Widarto, Teknologi Tepat Guna: Membuat Pompa Hidram, Yogyakarta: Kanisius, 1996.

A. A. Yuwono, Pengaruh Variasi Diameter Pipa Inlet Terhadap Debit Dan Head Pada Pompa Hidram. Diploma [Thesis]. UMS, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015. [Online]. Available: UMS Library.

P. Siahaan, T. Sitepu, “Rancang Bangun Dan Uji Eksperimental Pengaruh Variasi Panjang Driven Pipe Dan Diameter Air Chamber Terhadap Efisiensi Pompa Hidram,†Jurnal Dinamis, vol. II, no. 12, pp. 26-33, 2013.

B. R. Munson, D. F. Young, T. H. Okiishi, Mekanika Fluida, Jakarta: Erlangga, 2004.

J. Hanafie, D. Longh, Teknologi Pompa Hidraulik Ram: Buku Petunjuk Untuk Pembuatan dan Pemasangan, Bandung: PTP-ITB Ganesha, 1979.

__________. Designing a Hydraulic Ram Pump, USA: International Development Research Centre, 2005.

G. S. San, G. Santoso, “Studi Karakteristik Volume Tabung Udara dan Beban Katup Limbah Terhadap Efisiensi Pompa Hydraulic Ram,†Jurnal Teknik Mesin, vol. 4, no. 2, pp. 81-87, 2002.

Y. Herawati, Kuswartomo, G. D. Wibowo, “Panjang Pipa Inlet Terhadap Efisiensi Pompa Hidram,†Dinamika Teknik Sipil, vol.11, no. 2, pp. 128-134, 2011.

Zulhendri, Yuliarman, Menhendry, N. Effiandi, P. Adeliza, “Pengaruh Tinggi Air Masuk Dan Dimeter Pipa Outlet Terhadap Tinggi Air Keluar Pompa Hidram,†Jurnal Teknik Mesin, vol. 12, no. 2, pp. 61-68, 2019.

E. Santoso, G. P. Utomo, N. Martini, “Analisa Pengaruh Panjang Pipa Inlet Dan Panjang Pegas Katub Buang Terhadap Performance Pompa Hidram,†JHP17: Jurnal Hasil Penelitian, vol. 1, no. 1, pp. 11-24, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal BEARINGS published by Mechanical Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Borneo Tarakan