Analisis Getaran Shake Table Menggunakan Mekanisme Hidrolik Untuk Studi Ekperimental Potensi Likuifaksi

Muhammad Hardiman Nur Ramadhan, Rafiuddin Syam, Ahmad Yusran Aminy

Abstract


Likuifaksi adalah suatu fenomena kehilangan kekuatan geser tanah pada lapisan jenuh air akibat gempa bumi, sehingga tanah mengalami keruntuhan  dan berperilaku seperti (liquid). Likuifaksi umumnya terjadi pada tanah non kohesif (glanuler) jenuh air dan menerima beban siklik berupa gempa. Dalam penelitian ini, simulasi getaran yang mengakibatkan liquifaksi menggunakan alat bantu berupa shaking table dengan mekanisme gerak hidrolik, sinyal input yang diberikan berupa sinyal sinusoidal dengan variasi tekanan oli hidrolik 0 bar, 6,25 bar, 12,5 bar, 18,75 bar, 25 bar, 31,25 bar,37,5 bar, 43,75 bar dan 50 bar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Semakin kecil nilai tekanan bar oli hidrolik yang diberikan maka akan semakin kecil juga nilai MR yang didapat. Ini dikarenakan daya dorong yang diberikan tekanan bar berpengaruh kegerak lengan piston hidrolik, semankin tinggi tekanan hidrolik yang diberikan maka akan semakin cepat gerak lengan piston hidrolik, dan semakin cepat gerak lengan piston hidrolik maka semakin besar juga nilai percepatan terhadap sumbu x dan sumbu y. Dan Inputan sinyal sinusoidal yang bisa digunakan untuk eksperimen potensial liquifaksi yaitu sebesar 6,25 bar, 12,5 bar, 18,75 bar, 25 bar, 31,25 bar, 37,5 bar, 43,75 bar, dan 50 bar. Dikarenakan nilai yang dihasilkan variasi tekanan oli hidrolik tersebut masuk range syarat terjadi liquifaksi yaitu sebesar 5 – 7 SK.


Full Text:

PDF

References


J. Oliver, “Gempa bumi dan likuifaksi,†Hilos Tensados, vol. 1, pp. 1–476, 2019.

L. Z. Mase, T. F. Fathani, A. D. Adi, “Pengaruh Frekuensi Getaran Terhadap Potensi Likuifaksiâ€, Teknosia, vol. 3, no. 2, pp. 16–22, 2017.

L. Z. Mase, Studi Eksperimental Potensi Likuifaksi di Kali Opak Imogiri Menggunakan Alat Shaking Table, Magister [Thesis] UGM, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, 2013.

L. E. Hutabarat, P. Simanjuntak, S. Tampubolon, “Peningkatan Kesadaran Masyarakat terhadap Kerusakan Bangunan dan Lingkungan Pasca Gempa, Tsunami dan Likuifaksi di Palu Sulawesi Tengah,†Jurnal Comunita Servizio, vol. 1, no. 2, pp. 208–222, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal BEARINGS published by Mechanical Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Borneo Tarakan