Analisis Pengaruh Perlakuan Panas Pada Plat Baja Dengan Lapisan Beton Sebagai Isolator Terhadap Kekerasan Untuk Aplikasi Kompor Biomasa

Marhadi Budi Waluyo, Hadi Santoso, Arif Arif

Abstract


Kompor biomasa menjadi alat yang sangat membantu dalam pemanfaatan energi biomasa. Plat baja dipilih sebagai bahan kompor karena ketahanan panasnya yang baik. Meskipun memiliki ketahanan panas yang baik plat baja perlu dilapisi material tambahan sebagai insulator panas. Hal ini diperlukan agar ketahanan plat baja tidak mengalami penurunan saat kompor digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis pengaruh ketebalan semen isolator terhadap ketahanan plat baja sebagai bahan utama kompor biomasa. Penelitian ini dilakukan dengan memberi perlakuan panas pada plat baja yang dilapisi dengan semen sebagai isolator panas. Variasi ketebalan semen mulai dari 3cm, 4cm, 5cm, dan 6cm dengan waktu pemanasan 5 jam dan 7 jam. Plat baja diuji kekerasan untuk mengetahui pengaruh tebal semen. Hasil uji kekerasan menunjukan plat denga tebal lapisan beton 5cm selama 5 jam menunjukan penurunan sebesar 138,6 HV jika dibandingkan dengan plat baja yang tidak diberi perlakuan panas. Pada pemasanan selama 7 jam plat dengan tebal lapisan beton 6cm menunjukan nilai kekerasan yang tidak terlalu jauh dari plat tanpa perlakukan sebesar 144 HV.

 

Kata Kunci: Kompor Biomassa, Plat Baja Karbon, Perlakuan panas


Full Text:

PDF

References


L. Idji, S. Haluti, E. S. Antu, “Rancang Bangun Kompor Biomassa Berbahan Bakar Kayu,†Jurnal Teknologi Pertanian Gorontalo (JTPG), vol. 5, no. 1, 2020.

B. E. Kurniawan, Y. Setiyorini, â€œï€ Pengaruh Variasi Holding Time Pada Perlakuan Panas Quench Annealing Terhadap Sifat Mekanik dan Mikro Struktur Pada Baja Mangan AISI 3401,†Jurnal Teknik POMITS, vol. 3, no. 1, 2014.

S. Bahri, “Analisa Perlakuan Panas Terhadap Baja Karbon Ns 1045,†Buletin Utama Teknik, vol. 13, no. 2, 2017.

H. Santoso, H. Iromo, “Rancang Bangun Kompor Biomassa Berbahan Dasar Plat Besi dan Beton Dilengkapi Dengan Teknologi Blower,“ Jurnal Reaktom, vol. 03, no. 02, pp. 22-25, 2018.

S. Sutrisno, A. Azmal, D. Handoko, “Analisa Pengaruh Temperatur Pemanasan Pada Proses Normalizing Dan Hardening Quenching Terhadap Kekuatan Tarik Dan Struktur Mikro Baut ST-60,†Turbo: Jurnal Progam Studi teknik Mesin, vol. 10, no. 2, pp. 166-176, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal BEARINGS published by Mechanical Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Borneo Tarakan