Analisis Performa Motor Listrik Konversi Menggunakan Gear Set Pulley Komersial
Abstract
Kendaraan listrik saat ini telah banyak digunakan di masyarakat Indonesia. Namun, dengan harga kendaraan listrik yang masih mahal, maka cara alternatifnya adalah dengan mengkonversi kendaraan motor bakar menjadi kendaraan listrik atau biasa disebut kendaraan listrik konversi. Dalam kendaraan listrik konversi, sistem transmisi daya menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja sistem transmisi motor listrik konversi menggunakan gear set pulley komersial yang dibandingkan dengan sistem transmisi statistik pada kendaraan listrik konversi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengujian eksperimental kuantitatif dengan cara menguji kendaraan listrik konversi pada kondisi tanpa beban dan dengan beban denga n variasi jarak 100 hingga 200 meter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gear set pulley memiliki performa lebih baik dibandingkan transmisi statis dengan mencapai kecepatan rata-rata 50,8 km/jam pada jarak 100 meter dengan waktu tempuh 10 detik. Sementara kecepatan sudut puli 2 mencapai 992,4 rad/s pada throttle 100%, menunjukkan performa tertinggi dibandingkan transmisi statistik. Kecepatan sudut puli 1 juga optimal di angka 407 rad/s pada membuka throttle 100%. Dapat disimpulkan bahwa gear set pulley lebih efisien dalam mentransfer energi dan meningkatkan kecepatan kendaraan listrik "Beatrix".
Full Text:
PDFReferences
D. A. M. Mubarok. Desain dan Implementasi Sistem Konversi Motor Bensin menjadi Motor Listrik Padakendaraan Roda Dua. [Tugas Akhir], Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2023. [Online]. Available: DSpace Repository.
K. D. Artika, R. Syahyuniar, & N. Priono, “Perancangan Sistem Kemudi Manual Pada Mobil Listrik,” Elemen: Jurnal Teknik Mesin, vol. 4, no. 1, pp. 01-06, 2017.
S. Soebyakto, T. Edward, A. Wibowo, & M. A. Shidiq, “Sistem Transfer Daya Dari Dua Jenis Mesin Yang Berbeda,” Mestro, vol. 4, no. 03, pp. 5-11, 2023.
B. Setyono & Y. Setiawan, “Rancang Bangun Sistem Transmisi. Kemudi dan Pengereman Mobil Listrik ‘Semut Abang’,” Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III, pp. 89-96, 2015.
Z. R. E. Putra & H. Suryanto, “Pengaruh Campuran Bahan Bakar Pertalite Dengan Minyak Kayu Putih Sebagai Bioaditif Terhadap Emisi Gas Buang Dan Performa Mesin Sepeda Motor Empat Langkah,” JME (Jurnal Mekanika dan Energi), vol. 2, no. 2, pp. 32-38, 2021.
Sulfahmi, Analisis Dan Pengujian Roller Pada Sepeda Motor Beat (110cc) Yang Menggunakan Penggerak Motor Listrik Tipe BLDC. [Skripsi], Universitas Borneo Tarakan. Tarakan: Universitas Borneo Tarakan, 2023.[Online]. Available: Repository UBT.
W. Herianto, Rancang Bangun Pembangkit Listrik Alternatif dengan Pemanfaatan Flywheel sebagai Penyimpan Energi. [Skripsi], Universitas Borneo Tarakan. Tarakan: Universitas Borneo Tarakan, 2021.[Online]. Available: Repository UBT.
S. Buyung, “Analisis Perbandingan Daya Dan Torsi Pada Alat Pemotong Rumput Elektrik (APRE),” Jurnal Voering, vol. 3, no. 1, 2018.
A. S. Putra, “Perhitungan Pulley dan V-Belt Pada Perancangan Sistem Transmisi Mesin Pencacah Eceng Gondok Untuk Alternatif Pakan Ternak,” Gorontalo Journal of Infrastructure and Science Engineering, vol. 5, no. 1, pp. 14-20, 2022.
F. Darmansyah, G. Gerson, & T. Taufik, Rancang Bangun Mesin Penyosoh Kulit Sorgum Dengan Sistem Horizontal Bertingkat, [Proyek Akhir], Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung. 2023. [Online]. Available:Repository Polman Negeri Babel.
DOI: https://doi.org/10.35334/bearings.v4i1.6468
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal BEARINGS published by Mechanical Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Borneo Tarakan