Efforts to Improve Cognitive Learning Outcomes Through the Problem Based Learning (PBL) Model on the Concept of Additive Substances for Class VIII Students at SMP Negeri 3 Ternate City
Abstract
Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, mandiri, menyenangkan dan mampu membentuk kerja sama yang baik antara guru dan siswa serta siswa dengan siswa yang lainnya dalam menemukan dan memahami konsep tersebut. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Kota Ternate. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) pada kelas VIII-F. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus dengan jumlah 29 siswa, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil tindakan siklus I hasil nilai siswa di peroleh sebanyak 34% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Pada aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar pada siklus I sebesar 39% meningkat menjadi sebesar 84% pada siklus II. Hasil aktivitas guru pada siklus I sebesar 54% meningkat menjadi 84% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dikarenakan siswa sudah mulai paham dan kritis terhadap materi yang disampaikan oleh peneliti.
Full Text:
PDFReferences
Anni, D. (2007). Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press.
Dariyo, A. (2007). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama.
Djamarah, S.B. and Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Halawa, S. (2024). ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematka Peserta Didik pada Materi Program Linear di Kelas XI-TBS SMK Negeri 1 Huruna Tahun Ajaran 2022/2023’, Jurnal Pendidikan Tabusai, 8(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13552.
Hamalik. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhktar, H. (2022). ‘Analisis Modelproblem Based Learning (Pbl) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Gaya Pada Siswa Kelas IV MI Negeri 2 Kerinci’, Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 3(1).
Naim, N. and Sauqi, A. (2008). Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Rohman. (2013). ‘Pengaruh Model Pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TAPPS Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa kelas V SDN di Kecamatan Kalitidu Bojonegoro’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, S. (2017). Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sartika, S.H. (2018) Pengaruh Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Dengan Moderator Kebiasaan Belajar Siswa Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v6i1.5224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstracted/Indexed by: