ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI C SMAN 1 TANA TIDUNG DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK
Abstract
Motivasi belajar menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar selain lingkungan sekolah dan disiplin belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode Observasi, yang menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, Persentase motivasi belajar siswa kelas XI C dalam pembelajaran biologi terbagi beberapa katogori yaitu ; Motivasi siswa sangat tinggi 20%, Motivasi siswa Tinggi 60%, Motivasi siswa cukup 17% dan Motivasi siswa kurang 3% . Hal ini menunjukan sebagian besar motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sistem gerak kelas XI C masuk dalam tingkat motivasi tinggi, dimana hasil ujian siswa terhadap materi sistem gerak juga menunjukan hasil yang baik, nilai rata-rata siswa sesuai dengan ketuntasan KKM. Dimana siswa sangat menyenangi pembelajaran sistem gerak dengan mengunakan metode Game Based Learning yang mana dapat membuat siswa fokus belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Ketika motivasi belajar siswa tinggi maka dapat mendorong siswa untuk dapat mencapai hasil belajar yang baik.
Full Text:
PDFReferences
Agnafia, D. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi (Vol. 5, Issue 1).
Astuti, I. A., Suyanto, M, Sukoco, Pengajar, S., Stmik, M., & Yogyakarta, A. (2017). Penerapan Metode User Centered Design Pada Game Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa 1) Alumni MTI STMIK AMIKOM Yogyakarta 2),3). Jurnal Informasi Interaktif, 2(1). http://danielikim.com/what-is-user-centered-
Harefa, M., Lase, N., & Zega, N. (2022). Deskripsi Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan , Vol. 1, No.2.
Ikhtiara, T., Jaya, A., Raiha Zahratina, H., Kristia Madalena, D., & Putri, N. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Biologi Di Sekolah Urban. Pendidikan Dan Pengajaran |, 3, 2022. http://dx.doi.org/10.30596%2Fjppp.v3i3.12940
Ulfa, E. M., Nuri, L. N., Sari, A. F. P., Baryroh, F., Ridlo, Z. R., & Wahyuni, S. (2022). Implementasi Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9344–9355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3742
Marhento, G., & Siburian, *. M. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Metode Pembelajaran. ARTIKEL PEMAKALAH PARALEL. Diambil kembali dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/11360/p.476%20-%20484.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Rahman, S. (2021, November). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.
Wahyudin, R. D., & Imami, A. I. (2022). Analisis motivasi belajar siswa SMP pada pembelajaran Matematika. AKSIOMA, Vol. 13, No. 3(e-ISSN 2579-7646).
DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v5i2.4898
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Person :
Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement
Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329
INDEXING BY: