PENERAPAN LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMPN KABUPATEN PASURUAN

Tanti Rahayu, Endik Deni Nugroho

Abstract


Setiap inovasi pendidikankhususnya dalam perubahan kurikulum dan peningkatan SDM yang dihasilkan dari upayapendidikan selalu berawal dan bermuara pada guru.Perlunya upaya dan usaha-usaha supaya guru mengetahui dan mau meningkatkan kompetensi guru dalam rangkaperbaikan mutu pendidikan, Lesson Study merupakan salah satu alternatif usaha yang sangat menarik untuk dipilih memajukan sekolah, meningkatkan kompetensi guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Pelaksanaan Lesson Study berbasis sekolah (LSBS) SMPN 2 Grati sebagai piloting di Kabupaten Pasuruan pada tahun 2007, sedangkan SMPN 1 Gondangwetan juga menerapkan LSBS tahun 2009. Penelitian ini bertujuan mengetahui kendala dan dampak LSBS terhadap peningkatan kompetensi guru selama pelaksanaan LSBS di SMPN Kabupaten Pasuruan. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif,data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan penyebaran kuesioner dan pengamatan langsung kelapangan dengan wawancara.Kualitas kompetensi guru SMPN 2 Grati dan SMPN 1 Gondangwetan dapat ditingkatkan melalui implementasi Lesson study. Untuk lebih mengoptimalkan kegiatan lesson study berbasis sekolah (LSBS) diperlukan kesadaran diri sendiri sebagai pendidik untuk kemajuan kualitas guru dan pembelajaran, dukungan kepala sekolah, kebijakan dinas pendidikan, pengawas dan kolega guru membentuk sikap kolaboratif yang efektif, baik dalam kegiatan menyusun  perangkat, observasi danrefleksi untuk kemajuan pendidikan nasional.


Full Text:

PDF

References


Juwairiah. (2012). Professionalisme Guru Melalui Lesson Study. Artikel pdf.Widyaiswara,Balai Diklat Keagamaan Medan (online). http://sumut.kemenag.go.id. Diakses 28 Mei 2014

Puspita, E. (2009). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Matematika Melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Melalui Kegiatan Lesson Study.Artikel Seminar Nasional, Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.

Singarimbun, M dan Sofian Effendi. (1989). Metode Penelitian Survei. LP3ES. Jakarta

Sugiono. (2011). Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sujana. 1992. Metode Statistika. Edisi ke 5. Tarsito. Bandung.

Susilo, H. (2012). Implementasi Lesson Study Di Sekolah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru.Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Lesson Study MIPA di Palu.

Susilo, H. (2013). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kompetensi Pendidik. Seminar dan Lokakarya PLEASE di Sekolah Tinggi Theologi Aletheia. Lawang.

Wisanti & Lutfi, A. (2010). Apresiasi Guru Ipa Smp Surabaya Terhadap Implementasi Lesson Study. Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v1i1.957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Faculty of Teacher Training and Education
Biology Education Departement
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda