PENERAPAN MODEL INKUIRI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA PADA MATERI DAMPAK PENDUDUKAN JEPANG KE INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI SMK NEGERI 1 TARAKAN KALIMANTAN UTARA
Abstract
hasil pembahasan, disimpulkan bahwa: penerapan model inkuiri untuk materi dampak pendudukan Jepang ke Indonesia dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, Marsiti, Oksiana. 2007. Pengembangan Kemampuan Siswa Mengkonstruksi Konsep IPS Melalui Pembelajaran
INQUIRI. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 3 (2) 58-79.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Herdy. 2010. Model-Model Pembelajaran Inkuiri, (Online),(http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/modelpembelajaran-inkuiri/), diakses 19 Maret 2013.
Jauhar, Muhammad. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Kundrati, Retno. 2007. Meningkatkan Keaktifan Menyampaikan Pendapat Pada Siswa Kelas Bahasa SMAN Purwosari Dengan Menggunakan Pembelajaran Tugas
Individu Yang Dipresentasikan Pada Sub-Pokok Bahasan Demokrasi Terpimpin.Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 3 (1) 1-12.
Mustafa, Sriyanti. 2010. Penerapan Strategi Inkuiri sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pare-Pare. Tesis tidak diterbitkan.Malang: PPs UM.
Purwanto, Edy. 2007. Strategi Belajar Mengajar Bidang Studi Geografi. Malang:Universitas Negeri Malang.
Sumaatmadja, N., 1997. Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.
Suyudi, Agus & Yuliati, Lia. 2010. Penerapan Pembelajaran Inqury Training Model Dalam Upaya Meningkatkan Hands-On Activity Siswa SMPN 4 Malang. Jurnal Sains, 38 (02): 103-204.
Syarif, Erman. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Geografi Fmipa UNM Melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas Secara Individu Untuk Analisis Data
Kependudukan. Tesis tidak diterbitkan.Malang: PPS UM.
DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v3i1.1279
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Borneo Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2599-3305
P-ISSN: 2615-4331
Contact Person:
Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd
Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Borneo Tarakan
Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
Email: ubthumaniora@gmail.com