PENERAPAN MODEL INKUIRI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA PADA MATERI DAMPAK PENDUDUKAN JEPANG KE INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI SMK NEGERI 1 TARAKAN KALIMANTAN UTARA

Ibrahim Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan: meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas XI Akuntansi 1 pada materi dampak pendudukan Jepang ke Indonesia. Penelitian ini dirancang dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang disusun dalam satuan siklus meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 dan lokasi penelitian adalah SMK Negeri 1 Tarakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa melalui penerapan model inkuiri mengalami peningkatan dari 12% pada pra tindakan menjadi rata-rata 35% pada siklus I atau kategori kurang aktif. Pada siklus II menjadi rata-rata 76% atau kategori aktif. Berdasarkan
hasil pembahasan, disimpulkan bahwa: penerapan model inkuiri untuk materi dampak pendudukan Jepang ke Indonesia dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Keywords


Model Inkuiri; Keaktifan

Full Text:

PDF

References


Adi, Marsiti, Oksiana. 2007. Pengembangan Kemampuan Siswa Mengkonstruksi Konsep IPS Melalui Pembelajaran

INQUIRI. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 3 (2) 58-79.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Herdy. 2010. Model-Model Pembelajaran Inkuiri, (Online),(http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/modelpembelajaran-inkuiri/), diakses 19 Maret 2013.

Jauhar, Muhammad. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Kundrati, Retno. 2007. Meningkatkan Keaktifan Menyampaikan Pendapat Pada Siswa Kelas Bahasa SMAN Purwosari Dengan Menggunakan Pembelajaran Tugas

Individu Yang Dipresentasikan Pada Sub-Pokok Bahasan Demokrasi Terpimpin.Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 3 (1) 1-12.

Mustafa, Sriyanti. 2010. Penerapan Strategi Inkuiri sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pare-Pare. Tesis tidak diterbitkan.Malang: PPs UM.

Purwanto, Edy. 2007. Strategi Belajar Mengajar Bidang Studi Geografi. Malang:Universitas Negeri Malang.

Sumaatmadja, N., 1997. Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyudi, Agus & Yuliati, Lia. 2010. Penerapan Pembelajaran Inqury Training Model Dalam Upaya Meningkatkan Hands-On Activity Siswa SMPN 4 Malang. Jurnal Sains, 38 (02): 103-204.

Syarif, Erman. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Geografi Fmipa UNM Melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas Secara Individu Untuk Analisis Data

Kependudukan. Tesis tidak diterbitkan.Malang: PPS UM.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v3i1.1279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar