DESKRIPSI PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA KULIAH TIK DI JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

Donna Rhamdan, Dhea Rizky Fahira

Abstract


Sejak pandemi yang disebabkan oleh virus Corona di Indonesia, banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebarannya. Salah satunya adalah melalui surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No 1 tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di perguruan tinggi. Melalui surat edaran tersebut pihak Kemendikbud memberikan instruksi kepada perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dan menyarankan mahasiswa untuk belajar dari rumah masing-masing. Pembelajaran harus dilaksanakan dengan meminimalisir kontak fisik antara mahasiswa dengan mahasiswa, ataupun antara mahasiswa dengan dosen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi dan kondisi pada masa covid-19 yang mengharuskan setiap orang melakukan pekerjaan dari rumah. Keberadaan pandemik covid-19 berdampak sampai kepada penyelenggaraan pelayanan pendidikan. Untuk keberlangsungan proses pendidikan dan berpartisipasi memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, maka pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan kebijakan social distancing. Kegiatan pembelajaran dilakukan dirumah mahasiswa masing-masing dan dilakukan melalui media daring (online). Penelitian ini bertujuan menggambarkan pembelajaran daring mata kuliah TIK pada Prodi PGSD di Universitas Borneo Tarakan. Pelaksanaan pembelajaran TIK ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi google classroom untuk pengelolaan kelas, menyampaikan pengumuman, mamberi materi pembelajaran, menyampaikan serta mengumpulkan tugas mahasiswa. Pembelajaran TIK secara daring jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Borneo Tarakan terlaksana secara efektif.

Keywords


Pembelajaran Daring; Google Classrom; Pandemi COVID 19

Full Text:

PDF

References


Aan Komariah, Djam’an Satori, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta.

Abdul Barir hakim. 2016. Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management. International Journal Of Technology And Business.;2(1), 2–6.

Cucinotta D, Vanelli M. 2020 WHO Declares COVID-19 a Pandemic. Acta Biomed.;91(1):157-60.

Hari Wahyono. 2019. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penilaian Hasil Belajar pada Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0. Proceeding of Biology Education.;3(1), 192-201.

Iftakhar, Shampa. (2016). Google Classroom: What Works and How?. Journal of Education and Social Sciences, 3 (feb), 12-18.

Miles, Matthew B & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Moore JL, Dickson-Deane C, Galyen K. 2011, E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same, The Internet and Higher Education.;14 (2):129-35.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i1.1861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar