AKTUALISASI NILAI PANCASILA SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB DALAM TRADISI SENGUYUN

Robert Robert, Budi Mulyadi

Abstract


Banyak bermunculan kasus-kasus kemanusiaan mulai dari ringan, sedang sampai yang berat, dalam bentuk tindak pelanggaran, perilaku menyimpang dan tindak kriminal. Antara lain kekerasan terhadap perempuan dan anak, acuh tak acuh terhadap orang yang mengalami musibah dan kecelakaan, serta berbagai aktifitas yang membedakan manusia berdasarkan suku, agama, fisik, kedudukan sosial dan sebagainya. Fenomena yang dapat berkembang tersebut dapat meningkatkan arus disintegrasi bangsa, ketidak-adilan, dan ketidak-beradaban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aktualisasi nilai Pancasila sila kemanusiaan yang adil dan beradab dalam tradisi Senguyun yang dilakukan oleh masyarakat Dayak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bermaksud untuk memahami dan mendeskripsikan apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik. Data berasal dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab yang teraktualisasi dalam tradisi Senguyun yaitu (1) menjunjung persamaan derajat dan martabat, serta hak dan kewajiban masyarakat, (2) cinta pada sesama dalam rangka mewujudkan kehidupan rukun dan sejahtera, (3) mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi, (4) Partisipasi dan kontribusi warga secara maksimal, (5) menghormati dan menghargai kesepakatan bersama, (6) membantu anggota masyarakat yang mengalami musibah/kesusahan, dan (7) terbuka bekerja sama tanpa membeda-bedakan latar belakang.

Keywords


Adil dan Beradab; Kemanusiaan; Pancasila; Senguyun

Full Text:

PDF

References


Mulyono. 2016. Pancasila Sebagai Orthodoksi Dan Orthopraksis Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. Jurnal Humanika Vol. 23 No. 2 (2016) 40-48 ISSN 1412-9418.

Kaelan & Zubaidi, Ahmad. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta. Paradigma.

Darmodiharjo. 1984. Pancasila Suatu Orientasi Singkat. Jakarta. Aries Lima.

______. 2011. Ketetapan MPR RI No. I/MPR/2003. Jakarta. Sekretariat Jenderal MPR RI.

Supardan, Dadang. 2011. Pengantar Ilmu Sosial Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Najiyati, Sri dkk. 2005. Pemberdayaan Masyarakat di Lahan Gambut. Bogor. Wetlands International – Indonesia Programme.

Susyanthi, Siti. 2009. Analisis Mengenai Eksistensi Hukun Tanah Adat Suku Dayak Kenyah di Kalimantan Timur. Depok. Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Robert & Jimmy. 2019. Kajian Nilai Pancasila Dalam Tradisi Senguyun Masyarakat Dayak Kenya Di Desa Sajau Kecamatan Tanjung Palas Timur. Jurnal Borneo Humaniora. Februari 2020 e-ISSN 2599-3305.

Rianto, Hadi. 2016. Implementasi Nilai Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 3, No. 1, Juni 2016 ISSN 2407-5299.

Yudistira. 2016. Aktualisasi dan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Kembangkan Karakter Bangsa. Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah. Palembang Sumatera Selatan. Volume 2 Nomor 1 Tahun 2016, 421-436.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang. UMM Press.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta. UIP.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Al Fabeta.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i1.1945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar