PENELITIAN KEPUSTAKAAN DALAM PENELITIAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

Rita Kumala Sari

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Kepustakan (Library Research) dengan tujuan dalam untuk mendeskripsikan dari hasil dari penelitian Kepustakaan (Library Research) pada penelitian pengembangan di Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Borneo Tarakan.

Metode Penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif dengan kajian Library Research (penelitian kepustakaan). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriptif dengan lebih menekankan pada kekuatan analisis sumber-sumber dan data-data yang ada dengan mengandalkan teori-teori dan konsep-konsep yang ada untuk diinterpretasikan berdasarkan tulisan-tulisan yang mengarah pada pembahasan.

Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa penelitian pengembangan yang dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia menggunakan penelitian pengembangan milik Borg and Gall dengan 10 tahapan yang sudah dimodifikasi oleh Setyosari menjadi 7 tahapan dalam penelitian. Rekomendasi yang dihasilkan untuk penelitian selanjutnya pada penelitian pengembangan hendaknya dilakukan menjadi 10 tahapan atau dapat menggunakan model pengembangan yang lain.


Keywords


Penelitian Kepustakaan; Penelitian Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Adli, Hafiz. 2019. Pengembangan Media Komik Pembelajaran Hikayat Kelas X di SMA Negeri 2 Tarakan. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan.

Ardiansyah. 2018. Video Animasi Berbasis PowToon pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Negosiasi. Skripsi Universitas Borneo Tarakan, Tarakan

Azman. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Menulis Tema Fenomena Menarik di Kalimantan UtaraKelas VII SMP Negeri 2 Tarakan. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan.

Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Antropologi Indonesia.

Linda Devi, P. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi 2 Dimensi (Animeker) Materi Teks EksplanasiKelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Universitas Borneo Tarakan

Mirzaqon. T, A dan Budi Purwoko . (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1)

Nisa, Ulfatun. (2018) “Pengembangan Buku Literasi Berbasis Kebudayaan Tidung Kalimantan Utara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 2 Tarakan. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan.

Hamzah Amir. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan Research & Development. Malang : Litersi Nusantara.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta : Kencana Prenadamedia Groub.

Syaodih. Nana Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugioyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Penerbit Alfabeta

Setyosari Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tyas, Wening. 2020. Pengembangan Buku Cerita Bergambar dalam Pembelajaran Cerita Fantasi Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan.Skripsi. Universitas Borneo Tarakan.

Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung : Anugrah Utama Raharja.

Sari, milya, & Asmendri. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6 (1), 2020, (41-53)




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar