EFEKTIVITAS PEMEBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS VII MTS NEGERI TARAKAN KALIMANTAN UTARA

Eva Apriani

Abstract


ABSTRAK.

Penelitian  ini  menggunakan  metode penelitian  kualitatif  dengan  teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah guru kelas VII Mts dan Kepala Mts Negeri Tarakan. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif model interaktif dari Milles dan Michael Huberman yang terdiri dari tiga jalur kegiatan bersamaan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran daring dalam pembelajaran Sastra  di kelas  VII  kurang efektif. 2) Kelebihan pembelajaran daring dalam pembelajaran sastra di kelas VII  adalah waktu belajar fleksibel, siswa lebih dekat dengan orang tua, siswa tidak bergantung pada guru dan melatih kepercayaan diri siswa. Sedangkan kekurangan pelaksanaan pembelajaran daring adalah guru tidak dapat berinteraksi langsung dengan siswa, serta  tidak stabilnya jaringan internet. 3) Bidang yang diperbaiki agar pembelajaran daring berjalan lebih baik adalah penggunaan media pembelajaran yang lebih menarik seperti video animasi, sslide show power point.

 

        


Keywords


Efektivitas Pembelajaran Daring; Sastra.

Full Text:

PDF

References


Alisman. 2014. Analisis Efektivitas dan Efisiensi Manajemen Keuangan di Aceh

Barat. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia. 50

Aprida, P., & Muhammad Darwis, D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Fitrah Jurnal- jurnal Keilmuan, 337

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka

Cipta.

Bilfaqih, Yusuf. 2015. Esesnsi Pengembangan Pembelajaran Daring.Yogyakarta: Deepublish

Depdiknas.2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 TentangStandar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan

Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Isman, Mhd. 2016. Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The

Progressive and Fun Education Seminar, 586.

Jamaludin, Dindin dkk. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19

Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah

LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 3

Masruri. 2014. Analisis Efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat

Mandiri Perkotaan.Padang: Akademia Permata.

Moleong, L. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Mutia, Intan dan Leonard. 2013. Kajian Penerapan E-learning Dalam Proses

Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta 6(4). 282

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal

Kependidikan, 25.Pengetahuan. 131

Pangondian, Roman A. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS). 57

Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Penelitian Kualitatif Dalam Persektif

Rancangan Penelitian. Jogjakarta : Ar-ruzzmedia.

Putra, Made. 2020. Kurang Efisiennya PembelajaranDaring/E-Learning.3

Rahyubi, H. 2014. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Resmini, Novi dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI PRESS.

Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia

Dini, 17.

Sobron A.N, B. R. 2019. Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Pendidikan Islam dan Multikulturalisme.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Syarifudin, Albitar S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 31-33

Tarigan, H. G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

. 2015a. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: CV Angkasa.

. 2015b. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: CV Angkasa.

. 2015c. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: CV Angkasa




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i1.2250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar