EVALUASI PENERAPAN PENILAIAN KINERJA KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL BERBASIS SISTEM 360 DERAJAT FEEDBACK-APPRAISAL DI KANTOR REGIONAL VIII BKN

Ari Wibawa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi penerapan penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil berbasis sistem 360 derajat feedback apraisal, evaluasi berfokus pada penilaian kinerja yang mewujudkan penilaian yang Tingkat Objektifitas (X1), Tingkat Keterukuran (X2), Tingkat Akuntabilitasl (X3), Tingkat Partisipatif (X4), Tingkat Transparansi (X5), dan penilaian kinerja yang dapat mewujudkan Tingkat Mutual Trust (X6), Tingkat Kepuasan Kerja (X7), Tingkat Learning Organization (X8).

Sampel diambil sebanyak 50 orang dan dipilih menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan pengujian hipotesis menggunakan One Sample t test.

Hasil pengujian membuktikan Penerapan e-perilaku mewujudkan tingkat Penilaian Kinerja PNS yang Objektif (thitung ; 12,488); Terukur (thitung ; 11,214); Akuntabel (thitung ; 8,447); Partisipatif  (thitung ; 8,225); Transparan (thitung ; 5,086); Penerapan e-perilaku dapat mewujudkan Tingkat Mutual Trust (thitung ; 6,703); Tingkat Kepuasan Kerja (t hitung ; 5,988);  dan Tingkat Learning Organization (thitung ; 11,617).


Keywords


Penilaian Kinerja, PNS, 360 derajat

Full Text:

PDF

References


developmental 360 degree feedback. Journal of Vocational Behavior, 66, 532-548

Bracken, David W (2016).The Evolution and Devolution of 360° Feedback.Industrial and Organizational Psychology. 3D Group

Susanto, Rani, Anna Dara Andriana (2014). Analisis Metode 360 Derajat untuk penilaian kinerja karyawan pada sistem informasi manajemen sumberdaya manusia. Majalah Ilmiah Unikom: Universitas Komputer Indonesia

Ratnaningsih, Ika Zenita.2011. Metode Umpan Balik 360 Derajat Untuk Mengembangkan Kepemimpinan Dalam Talent Management System.proceeding, ISBN : 978-979-097-184-4

Tziner, A., Joanis, C., & Murphy, K. R. (2000).A comparison of three methods of performance appraisal with regard to goal properties, goal perception, and ratee Widyasatisfaction. Group & Organization Management, 25(2), 175–190

Putra, I Gede Juliana Eka, Anak Agung Gede Agung Wedhatama Pemayun (2020) Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan It Balanced Scorecard. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer: STIMIK Primakara

Rahmayanti (2008) Analisis Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Dengan menggunakan Metode 360 Derajat.Jurnal Sekretari Vol 4: Universitas Pamulang.

Widya, Rita(2004). Penilaian kinerja dengan menggunakan Konsep 360 derajat feedback:Jurnal bisnis dan kewirausahaan Vol 4 hal 86-95

Fleenor, J.W., dan Prince, J.M. (1997).Using 360-Degree Feedback in Organizations: An Annotated Bibiliography. Greensboro. Center for Creative Leadership

Hasibuan, M. 2011. Manajemen Sumber dan Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Irianto, Agus. 2015. Statistik (Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya). Jakarta : Kencana

Prawirosentono, Suyadi. (2008). Manajemen Sum berdaya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE

Yukl, G. (2006). Leadership in Organizations Sixth Edition . New Jersey: Pearson Education, Inc.

Sari, I.K. (2011). Pengaruh Metode Umpan Balik Kepemimpinan Transformasional 360 Derajat Terhadap Peningkatan Kepuasan Kerja Karyawan. Tesis (tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v5i2.2937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar