MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN KINERJA MELALUI BIMBINGAN TERSTRUKTUR GURU DI SMP 5 BANGUNTAPAN BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Tri Heriyanto

Abstract


Penelitian Tindakan Sekolah ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Banguntapan  yang beralamat di Sanggrahan, Potorono, Banguntapan .Penelitian Tindakan Sekolah  ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Sejauhmana peningkatan kedisiplinan kerja melalui bimbingan terstruktur guru di SMP 5 Banguntapan, 2)Untuk mengetahui sejauhmana Pelaksanaan penerapan bimbingan terstruktur dapat meningkatkan kedisiplinan guru di SMP 5 Banguntapan Hasil penelitian tindakan siklus pertama dan kedua tentang peningkatan kedisiplinan dan kinerja guru menggunakan pembimbingan terstruktur dapat meningkatkan kedisiplinan dan kinerja guru di SMP Negeri 5 Banguntapan, semakin meningkat.

Melalui  pembimbingan terstruktur akan meningkatkan kedisiplinan dan kinerja guru observasi kedisiplinan, dari perolehan nilai rata-rata siklus I sebesar 68,7yang berada pada kategori cukup dan perolehan nilai rata-rata siklus II sebesar 82,9 yang berada pada kategori baik, untuk observasi kinerja perolehan nilai rata-rata siklus I sebesar 63,2 yang berada pada kategori cukup dan perolehan nilai rata-rata siklus II sebesar 86,3 yang berada pada kategori baik.

Sedangkan hasil pengisian angket kedisplinan pada siklus I mencapai 75,1 pada kategori cukup menjadi 81 pada siklus II., terdapat kenaikan sebesar 5,9 %, pengisian angket kinerja pada siklus I mencapai 76,5 pada kategori cukup menjadi 80,3 pada siklus II., terdapat kenaikan sebesar 3,8 %.  Untuk pembimbingan terstruktur 67,9pada siklus I menjadi  menjadi 82,6 pada siklus II terdapat kenaikan sebesar 14,7 %. Adanya peningkatan disiplin dan kinerja guru dalam pembelajaran merupakan peran dari pihak kepala sekolah juga kolaborator memberikan dukungan dan pembimbingan terstruktur terhadap pelaksanaan kedisiplinan dan kinerja guru dalam proses belajar mengajar.


Keywords


Kedisiplinan; Kinerja Guru; Pembimbingan Terstruktur

Full Text:

PDF

References


A.A Mangkunegara, Sumberdaya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000, Hlm. 136

Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ahmad S. Ruky, Sistem Manajemen Kinerja (Performance Manajemen System): Panduan Praktis Untuk Merancang Dan Meraih Kinerja Prima, Jakarta: Gramedia, 2001, Hlm. 158

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002, Cet. Ke-2,

Desler, Manajemen Personal: Teknik Dan Konsep Modern, Alih Bahasa Agus Darma, Jakarta: Erlangga, 1984, Hlm. 86

E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007), hal. 75

Fatah Syukur, Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan, (Semarang: Program Pasca Sarjana IAIN Walisongo Dan Pustaka Rizki Putra, 2012), Hlm. 132




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v5i2.2965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar