Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X MAN Tarakan
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kelas guna mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas X MAN Tarakan. Metode yang digunakan adalah analisis deskripsi dengan melihat gejala yang sesuai dengan kondisi kelas yang ada. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X MAN Tarakan dengan jumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama satu semester ganjil. Siswa di ajak untuk mampu mendefinisikan terlebih dahulu mengenai pengertian puisi hingga akhirnya sisiwa mampu menuliskan puisi. Hal yang mendasari penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan serta kesiapan siswa dalam menuliskan serta mengembangkan keterampilan menulisnya. Dengan adanya penelitian kelas ini maka kita dapat melihat kemampuan asli siswa yang sesungguhnya. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian akan memuat kemampuan menulis yang dilihat dari ranah kognitif. Pemerolehan ini diambil dari proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Puisi yang dituliskan berkaitan dengan tema kemanusiaan . hasil yang didapati adalah kemampuan menulis puisi siswa meningkat dengan menggunakan siklus PTK dan mencapai angka ketuntasan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, Aminudin Winahyu. 2013. “Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Jambiâ€. Jambi: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, UNJ.
Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung. C.V. Sinar Baru.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dalman. 2000. Menulis Karya Ilmiah. Depok. Rajagrafindo Persada.
Daryanto, 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Divan, Faza. 2018. “Kemampuan Menulis Puisi melalui Penerapan Model Active Learning Teknik Imajinasi Di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Sebatik Tengahâ€. Tarakan: Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, UBT.
Huda, Miftahul. 2017. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Madya, Suwarsih. 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta, cv.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Nurjamal, Dkk. 2019. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v5i2.3049
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Borneo Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2599-3305
P-ISSN: 2615-4331
Contact Person:
Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd
Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Borneo Tarakan
Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
Email: ubthumaniora@gmail.com