MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DENGAN PENDEKATAN PEDATI MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM

Rachmatiyah Rachmatiyah

Abstract


Penelitian ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah  penerapan pendekatan pembelajaran blended dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Turunan Fungsi Aljabar di Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga 3 SMK Negeri 1 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini  adalah  siswa Akuntansi dan Keuangan Lembaga 3 SMK  Negeri 1 Tarakan  yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan, dengan alokasi waktu untuk satu kali pertemuan selama 2 x 45 menit. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan teknik pengumpulan data dan analisis data temuan dari kelas atas implementasi pendekatan blended alur PEDATI melalui tahapan PTK, tahapan perencanaan (kualitatif), pelaksanaan (kualitatif) sebaran lembar obervasi, hasil tes (kuantitatif). Hasil analisis data, diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan blended alur PEDATI di kelas Akuntansi dan Keuangan Lembaga 3 SMK Negeri 1 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan persentase hasil belajar dari siklus I sampai siklus II.Pada siklus I persentase hasil belajar siswa 64,71%, sedangkan pada siklus II  sebesar 91,18%. Berdasarkan data yang diperoleh maka penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan blended alur PEDATI pada materi turunan Fungsi Aljabar dihentikan pada siklus II karena telah memenuhi indikator hasil belajar yaitu 80% telah memenuhi Kriteria ketuntasan Minimal, dengan persentasi aktifitas siswa 86% (sangat aktif), aktifitas mengajar Guru rerata 3,5 pada kategori sangat baik.

Keywords


hasil belajar; pembelajaran blended; PEDATI; google classroom

Full Text:

PDF

References


Anggraini, E. (2019). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 9 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Arifin, Arifin. "Pendidikan Multikultural: Ideologi Pembelajaran Dan Pengajaran di Sekolah." Jurnal Borneo Humaniora 4.2 (2021): 96-102.

Arikunto, Suharsimi .2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik(Edisi Revisi VI). Jakarta: Bumi Aksara.

Chaeruman, U.W., 2017. PEDATI Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Ristekdikti.

De Vega, N., & Arifin, A. (2016). Penerapan Self Directed E-learning pada Keterampilan Menyimak. Masyarakat Telematika dan Informasi, 7(2), 107-118.

Hudojo, H. 2005. Kapita selekta pembelajaran matematika. Malang

Hudojo, H. 2005. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang.

Kelas Kreatif, 2020. 105 Digital Tools for Interactive Learning. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L. J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murhaini, Suriansyah. 2016. Menjadi guru professional berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi. Yogyakarta: LaksBang

Mutiara, N., Daniel, D., & Arifin, A. (2022). The Ninth-Grade Students'perception on Teaching English Through Jigsaw Method In Efl At Smpn 1 Tarakan. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2 (4), 1381-1390.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30-36.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung : Kencana Prenada Media

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3).

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ulfa, F., Kusmaryani, W., & Arifin, A. (2022). The Implementaion of Google Form as an Evaluation Tool by English Language Teachers at SMPN 5 Tarakan. Jurnal Borneo Humaniora, 5(2), 41-50.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran blended learning melalui google classroom di sekolah dasar.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v6i1.3607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar