PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA SISWA KELAS TUJUH DI SMPN 8 TARAKAN

Rezqiana Auralia, Woro Kusmaryani, Agus Rianto

Abstract


Reward dan Punishment merupakan salah satu alat edukasi yang digunakan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) bagaimana implementasi Reward dan Punishment untuk meningkatkan kemampuan speaking dan (2) pandangan guru dan siswa terhadap implementasi tersebut pada siswa kelas tujuh di SMPN 8 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa inggris kelas tujuh dan siswa kelas VII-7. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen telaah dokumen, observasi, kuisioner dan wawancara serta dianalisis secara kualitatif melalui sistem pengkodean dan dideskripsikan secara naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Reward dan Punishment dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran dan kemampuan speaking di dalam kelas. Bagi guru dan siswa, Reward dan Punishment sangat bagus dan penting sebagai alat edukasi dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan belajar siswa.

Keywords


Reward dan Punishment; Kemampuan Bicara Siswa; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Cascio. (2007). The Differential Effects of Tangible Rewards and Praise on Intrinsic Motivation: A Comparasion of Cognitive Evalution Theory and Operant Theory. 19.

Farozin, M., & Fathiyah, K. N. (2004). Pemahaman Tingkah Laku. PT. Rineka Cipta.

Gunayu, W. A. (2021). The Implementation of Reward and Punishment in English Learning at Grade VII of SMP Negeri 1 Binjai. The 3rd International Seminar on of Language, Art, and Literature Education, 63–68.

Herman, L. (1980). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Holth, P. (2005). Two Definitions of Punishment. The Behavior Analyst Today, 6(1), 43–47.

Lepper, M. R., Greene, D., & Nisbett, R. E. (1973). Undermining Children’s Intrinsic Interest with Extrinsic Reward: A Test of The “Overjustification†Hypothesis. Journal of Personality and Social Psychology, 28(No. 1), 129–137.

Nurhuda, A. T., Wardani, E., & Asriyama, W. F. (2021). A Case Study of Students’ Perceptions on Reward and Punishment Given by Their English Teacher. Universitas Jenderal Soedirman, 16–25.

Slavin, R. E. (2003). Educational Psychology. Students Journal of Educational Psychology, 210–215.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v6i2.4986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar