PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Sherly Jelita Putri, Arief Ertha Kusuma, Suciati Suciati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika.. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Tarakan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian 27 orang peserta didik kelas VII. Prosedur penelitian tindakan kelas mengikuti alur model Kemmis dan Taggart, dimulai dari perencanaan (menyusun modul ajar, perangkat pembelajaran, lembar observasi, dan instrumen evaluasi), pelaksanaan (penerapan pembelajaran berdiferensiasi), evaluasi (tes di setiap akhir siklus pembelajaran), dan refleksi (identifikasi kekurangan dan kelebihan di akhir siklus pembelajaran). Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan hasil tes evaluasi di setiap akhir siklus pembelajaran, kemudian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 27 peserta didik, ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 70,37%, dengan 19 peserta didik memenuhi standar ketuntasan dan 8 peserta didik belum memenuhi standar ketuntasan. Pada siklus II, ketuntasan meningkat menjadi 88,89%, dengan 24 peserta didik memenuhi standar ketuntasan dan hanya 3 peserta didik yang belum mencapai ketuntasan minimal. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pengelompokan berdasarkan kemampuan peserta didik, pengembangan materi yang bervariasi sesuai kemampuan peserta didik, dan pendekatan individu.


Keywords


Pembelajaran berdiferensiasi; Hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Andini, D. W. (2022). Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman Peserta didik di Kelas Inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v2i3.725

Apriyantini, N. P. Di., & Sukendra, I. K. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan e-LKPD Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 24(1), 55–63.

Astria, R. T., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.2647

Cahyani, R., Komarayanti, S., & Hidayah, L. (2023). Penerapan Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di SMAN 1 Jember Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. ScienceEdu, 6(1), 1. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39643




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v7i2.5830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com