DESKRIPSI HUBUNGAN MASYARAKAT DENGAN SEKOLAH DI SDIT ULUL ALBAB TARAKAN

Donna Rhamdan, Jumriani Jumriani, Diana Perminas, Satriani Satriani

Abstract


Penelitian ini mengenai manajemen hubungan masyarakat dengan sekolah di SDIT Ulul Albab Tarakan. Pendekatan penelitian dengan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah ini telah melakukan cara yang sesuai untuk mendapatkan dukungan dan simpati dari masyarakat, yaitu dengan memberikan informasi yang nyata melalui media sosial, sehingga peran humas di SDIT Ulul Albab Tarakan yaitu menjaga hubungan yang baik . Tujuan hubungan masyarakat dengan sekolah adalah mendapatkan dukungan dari masyarakat dan Sekolah telah mendapatkan dukungan dari masyarakat berupa respon positif yang baik dan kepercayaan masyarakat kepada Sekolah ini. Bentuk penyelenggaraan humas merupakan fungsi dari humas dengan sekolah yaitu untuk mengatasi persoalan hubungan masyarakat dengan sekolah. Di sekolah ini sudah berjalan dengan baik fungsi humas sehingga masyarakat tidak keberatan dan tidak ada yang komplain serta masyarakat menerima dengan baik. Manfaat dari bentuk kerjasama humas dengan sekolah sudah berjalan dengan baik serta bentuk atau  teknik dalam pelaksanaan program kerja dari humas berkesinambungan.

Keywords


Hubungan Masyarakat Dengan Sekolah; Pelaksanaan Humas Di Sekolah

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2008. Penelitian kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Cahyaningsih, Estih. 2015. Peran Humas Dalam Rangka Membangun Citra Dan Mempromosikan Smk Pgri 1 Sentolo Kulon Progo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi (Online)

Fadiyah, Rozanah Ahlam. 2016. Peran Humas Dalam Membangun Citra Positif Sekolah Di Sd N Sosrowijayan Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi (Online)

Imaniyah, Rizky dkk.2016. Pengelolaan Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Home-Schooling. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Vol. 1 No. 1

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Purwanto, Ngalim. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Qoimah. 2018. Strategi Manajemen Humas Dalam Penyampaian Program Unggulan Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 1 No. 2

Rahmad, Abdul. 2016. Manajemen Humas Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi

Ratri, Safitri. 2009. Kerjasama Sekolah Dengan Masyarakat Dalam Manajemen Peningkatan Mutu Di Sekolah Dasar Se Kecamatan Pakualaman Yogyakarta. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian (Online)

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Yulitasari, Effa. 2015. Pelaksanaan Hubungan Sekolah dan Masyarakat di Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Kasus Di SMP Ar-Rohmah Putri Malang). Malang: Universitas Negeri Malang. Skripsi (Online)

PP Nomor 39 Tahun 1992 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v2i2.839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar