PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE SISWA KELAS VI-A SDN UTAMA 2 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI-A semester I SDN Utama 2 Tarakan yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 bulan mulai bulan Juli 2018 sampai bulan September 2018. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 kali siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi operasi hitung campuran pada siswa kelas VI-A SDN Utama 2 Tarakan tahun pelajaran 2018/2019. Terbukti pada nilai ulangan harian pratindakan terdapat 10 siswa atau 29,41% siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 61,88. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas ada 23 siswa atau 67,65% dengan nilai rata-rata kelas 78,29. Pada siklus II siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 90,47 dengan ketuntasan 91,18%. Nilai yang diperoleh pada siklus II menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal yang diharapkan telah tercapai yaitu 85% siswa yang tuntas belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2000. Penddikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Alma, Buchari. 2009. Model-Model Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta
Amri, S. dan Ahmadi K. I. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka
Anonim. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Balai Pustaka
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Bumi Aksara
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yusma Widya
Barkley, Elizabert E, dkk. 2012. Collaborative Learning Techniques; Tehnik-tehnik Pembelajaran Kolaboratif. Bandung:Nusa Media
Daryanto.2011.Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah.Yogyakarta:Gava Media
Depdiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Faturrohman, Muhammad. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama
Hamdani. (2011). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Herman.2010.Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hobri, H. 2007. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru dan Praktisi. Jember: UPTD Balai Pengembangan Pendidikan (BPP)
Igak, Wardhani dan Kuswaya Yunus. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang: Universitas Terbuka
Indriyastuti. 2018. Dunia Matematika 6. Solo: PT. Tiga Serangkai
Ismunamto, dkk. 2011. Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Lentera Abadi
Jaurhan, Muhammad. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widyasarana
Marsigit. (2008). Hakikat Matematika Sekolah dan Siswa Senang Belajar Matematika?. Diakses dari http://marsigitpsiko. blogspot.com/2008/12/hakekat-matematika-sekolahdan-siswa.html. Pada tanggal, 13 Juni 2018, Jam 11.00 WIB
Marwiyanto, dkk. 2008. Matematika Untuk SD dan MI.Jakarta: Piranti Darma Kalokatama
Mulyana, Deddy. 2007. Pengantar Matematika Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mustakim, Burhan. 2008. Konsep Matematika. Semarang: Pustaka Pelajar
Narwanti, Sri. 2012. Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka
Prihandoko, Antonius Cahya. 2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta: Erlangga
Ratnawulan, Elis, dan H A Rusdiana. 2015. Evaluasi Pembelajaran.Bandung: CV Pustaka Setia
Saminanto. 2013. Mengembangkan RPP PAIKEM Scientifik Kurikulum 2013. Semarang: Rasail
Sam’s, Rosma Hartiny. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras
Slameto. 1988. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Teori dan Riset. Bandung: Nusa Media
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara
Sriyanti, Lilik. 2011. Psikologi Belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press
Subarinah, Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Depdiknas
Sudjana, Nana. (2005). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: Sinar Baru Algebsindo
Suherman, Erman,et. all. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. (Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Press
Syaefudin, Sa’ud, Udin dan Abin Syamsuddin Makmun. 2011. Perencanaan Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Tampubolon, Saur M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas; Untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga
Tim BSNP. 2006. Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI. Jakarta: BP Dharma Bhakti
Tirtarahardja, Umar. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Trianto. 2010. Panduan Lengkap Penelitian dan Tindakan Kelas, Surabaya: Prestasi Pustakarya
Ufituhfiyah. 2013. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share.https://ufitahir.wordpress.com.diakses tanggal 22 Desember 2018 jam 13.06
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional.2007. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wahyuni, Sri. 2018. Zamrud Tema 1 Kelas 6.Surakarta: Putra Nugraha
Wiraatmaja, Rochayati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Yonny, Acep, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia
DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v2i2.841
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2599-3305
P-ISSN: 2615-4331
Contact Person:
Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd
Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Borneo Tarakan
Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
Email: ubthumaniora@gmail.com