PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE SISWA KELAS VI-A SDN UTAMA 2 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Adhe Zahrotul Ummami

Abstract


Subjek dalam penelitian ini  adalah siswa kelas VI-A semester I SDN Utama 2 Tarakan yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 bulan mulai bulan Juli 2018 sampai bulan September 2018. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 kali siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi operasi hitung campuran pada siswa kelas VI-A SDN Utama 2 Tarakan tahun pelajaran 2018/2019. Terbukti pada nilai ulangan harian pratindakan terdapat 10 siswa atau 29,41% siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 61,88. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas ada 23 siswa atau 67,65% dengan nilai rata-rata kelas 78,29. Pada siklus II siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 90,47 dengan ketuntasan 91,18%. Nilai yang diperoleh pada siklus II menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal yang diharapkan telah tercapai yaitu 85% siswa yang tuntas belajar.


Keywords


Model Pembelajaran Think Pair and Share; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2000. Penddikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Alma, Buchari. 2009. Model-Model Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta

Amri, S. dan Ahmadi K. I. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka

Anonim. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Balai Pustaka

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Bumi Aksara

Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yusma Widya

Barkley, Elizabert E, dkk. 2012. Collaborative Learning Techniques; Tehnik-tehnik Pembelajaran Kolaboratif. Bandung:Nusa Media

Daryanto.2011.Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah.Yogyakarta:Gava Media

Depdiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Depdiknas

Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Faturrohman, Muhammad. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama

Hamdani. (2011). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Herman.2010.Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hobri, H. 2007. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru dan Praktisi. Jember: UPTD Balai Pengembangan Pendidikan (BPP)

Igak, Wardhani dan Kuswaya Yunus. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang: Universitas Terbuka

Indriyastuti. 2018. Dunia Matematika 6. Solo: PT. Tiga Serangkai

Ismunamto, dkk. 2011. Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Lentera Abadi

Jaurhan, Muhammad. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widyasarana

Marsigit. (2008). Hakikat Matematika Sekolah dan Siswa Senang Belajar Matematika?. Diakses dari http://marsigitpsiko. blogspot.com/2008/12/hakekat-matematika-sekolahdan-siswa.html. Pada tanggal, 13 Juni 2018, Jam 11.00 WIB

Marwiyanto, dkk. 2008. Matematika Untuk SD dan MI.Jakarta: Piranti Darma Kalokatama

Mulyana, Deddy. 2007. Pengantar Matematika Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mustakim, Burhan. 2008. Konsep Matematika. Semarang: Pustaka Pelajar

Narwanti, Sri. 2012. Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Prihandoko, Antonius Cahya. 2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta: Erlangga

Ratnawulan, Elis, dan H A Rusdiana. 2015. Evaluasi Pembelajaran.Bandung: CV Pustaka Setia

Saminanto. 2013. Mengembangkan RPP PAIKEM Scientifik Kurikulum 2013. Semarang: Rasail

Sam’s, Rosma Hartiny. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras

Slameto. 1988. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Teori dan Riset. Bandung: Nusa Media

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara

Sriyanti, Lilik. 2011. Psikologi Belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press

Subarinah, Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Depdiknas

Sudjana, Nana. (2005). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: Sinar Baru Algebsindo

Suherman, Erman,et. all. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. (Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Press

Syaefudin, Sa’ud, Udin dan Abin Syamsuddin Makmun. 2011. Perencanaan Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Tampubolon, Saur M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas; Untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga

Tim BSNP. 2006. Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI. Jakarta: BP Dharma Bhakti

Tirtarahardja, Umar. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Trianto. 2010. Panduan Lengkap Penelitian dan Tindakan Kelas, Surabaya: Prestasi Pustakarya

Ufituhfiyah. 2013. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share.https://ufitahir.wordpress.com.diakses tanggal 22 Desember 2018 jam 13.06

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional.2007. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wahyuni, Sri. 2018. Zamrud Tema 1 Kelas 6.Surakarta: Putra Nugraha

Wiraatmaja, Rochayati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Yonny, Acep, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v2i2.841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar