ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN PISANG KEPOK (Musa paradisiaca formatypica) DI DESA AJI KUNING KECAMATAN SEBATIK TENGAH KABUPATEN NUNUKAN

Andi Opu Ulan, Elly Jumiati

Abstract


Komoditi pisang kepok yang memiliki prospek besar karena pisang kepok memiliki pertumbuhan yang cepat dan dapat menghasilkan dalam setahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemasaran di Desa Aji Kuning akan efisien, karena petani Desa Aji Kuning dibuang untuk menjual produksi ke Tawau. Oleh karena itu, untuk mengetahui saluran pemasaran yang didasarkan pada margin pemasaran dan untuk mengetahui saluran pemasaran berdasarkan pergeseran berbagi. Penelitian ini dilakukan di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan Tengah. Metode analisis peneliti yang digunakan untuk mengetahui efisiensi biaya pemasaran adalah pola saluran pemasaran Institute, margin pemasaran, dan pergeseran berbagi analisis. Berdasarkan hasil penelitian, itu dapat disimpulkan bahwa dalam pemasaran pola pisang kepok ada dua saluran pemasaran di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah dan pola yang paling efisien adalah pola Channel II karena pergeseran berbagi efisien dalam penelitian ini adalah pola pemasaran II dengan margin pemasaran Rp.3.200 dan berbagi harga yang diterima oleh petani jumlah 66,67 > 50%. Berbagi pergeseran yang efisien dalam penelitian ini adalah pola pemasaran II karena Ski jumlah 1,95% dan Sbi jumlah 44,6%. Oleh karena itu, dari kedua angka yang dicapai < 50% masing-masing.


Keywords


Pemberdayaan; Peran Penyuluh;

Full Text:

PDF

References


Ahyari, Agus. 2001. Managemen Produksi Perencanaan Sistem Produksi. Edisi lima. Cetakan Empat. Jakarta.

Amron dan Taufiq Imran. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Outlet Telekomunikasi Seluler Kota Makassar. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia.

Anita, Ani Muani dan Adi Suyatno. 2012. Analisis Efisiensi Pemasaran Jeruk Siam di Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas. Jurnal Sains Mahasiswa Pertanian,1 (1): 22-31.

Apriantono, A. 2005. Dinamika Pembangunan Pertanian di Pedesaan. Http/www.Depatan.go.id di akses tanggal 12 Juli 2016.

Arikunto, Sukardi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendakatam Praktik). Rineka Cipta. Jakarta.

Awansyah, Deni. 2012. Analisis Biaya dan Pendapatan Dalam Usaha Tani Cabe (Dususn Batu Menjangkong, Desa Anyar, Kecamatan Bayan). Laporan Praktikum. Fak. Pertanian. Univ.Mataram.

Bhakti, F.K. 2014. Analisis Kondisi Pemasaran Rumput Laut Gracilaria sp Dengan Pendekatan SCP(Structure, Condeuct, and Performance) di Kabupaten Luwu. Tesis. Program Studi Ilmu Perikanan. Univ. Hasanuddin, Makasar.

Bisuk, Putra. 2009. Analisis Tataniaga Dan Elastisitas Transmisi Harga CPO Internasional Terhadap Harga TBS (Tandan Buah Segar) Kelapa Sawit (Studi Kasus: Desa Mananti Kec.Sosa Kabupaten Padang Lawas). Skripsi. Fak. Pertanian Univ.Sumatera Utara, Medan.

Departemen Pertanian. 2003. Paket Pembelajaran Diklat Pemberdayaan Pertanian dan Masyarakat Pelaku Agribisnis di Pedesaan. Jakarta: BPSDM Pertanian Departemen Pertanian.

Direktorat Jenderal Bina Produksi Hortikultura. 2009. Potensi Prospek Data Peluang Buah Tropika Nusantara dalam Menghadapi Pasar Global. Jakarta. http://www.hortikultura.go.id. Diakses, 11 Mei 2016.

Erlina Rufaidah, Imron Zahri, Sriati dan Syamsul Rizal. 2008. Analisis Pemasaran Buah Duku di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan. Jurnal Agribisnis dan Industri Pertanian,7 (1): 24-40.

Erwanto, 2010. Analisis Pemasaran Buah Mangga Arumanis (Mangifera Indicia. L) di Kabupaten Magetan. Skripsi. Fak. Pertanian Univ. Sebelas Maret, Surakarta.

Fuad.,M., dkk.2000. Pengantar Bisnis. Cetakan 1. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Halim, Abdul. 1988. Dasar-dasar Akuntansi Biaya. Edisi 3. Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Intan, Ayu Purnamasari. 2010. Analisis Pemasaran Jeruk di Kabupaten Bangli. Skripsi. Fak.Pertanian Univ. Sebelas maret, Surakarta.

Istiyanti, Eni. 2010. Efisiensi Pemasaran Cabai Merah Keriting Di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman Mapeta. Jurnal Pertanian MAPETA, 12 (2): 116-124.

Jumiati, Elly., Darwanto D.H., Hartono S.,Masyuri. 2013. Analisis Saluran Pemasaran dan Margin Pemasaran Kelapa Dalam di Daerah Perbatasan Kalimantan Timur. Jurnal Agrifor, 12(1).

Kurniawan, Gusti. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Pada PT.Kalimantan Steel (PT.Kalico) Pontianak. Jurnal Manajemen Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Muhammad, Buhari Sibuea, Muhammad Thamrin dan Juwita Tarigan. 2013. Kajian Efisiensi Pemasaran Jambu Air King Rose Apple. Jurnal Agrium, 18 (2): 1-7.

Mulyadi,. 2005. Akuntansi Biaya. Edisi ke-6. STIE. Yogykarta.

Rahmat, Rukmana. 1999. Usahatani Pisang. Cetakan 1. Kanisius. Yogyakarta.

Rosmawati, Henny. 2011. Analisis Efisisensi Pemasaran Pisang Produksi Petani di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Agronobis, 3 (5): 1-9.

Sudiyono, Arman. 2001. Pemasaran Pertanian. Cetakan 1. Universitas Muhammadiyah Malang : Malang.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan 15. CV. Alfabeta: Bandung.

Suhartini,. 2010. Modul Perkuliahan II Prduksi (Teori,Fungsi, dan Efisiensi). Fak. Pertanian. Univ. Brawijaya. Malang.

Swastha, Basu. 1999. Saluran Pemasaran. Edisi pertama. Cetakan ke-enam. BPFE ,Yogyakarta.

Trubus, 2008. Berkebun Secara Intensif. Cetakan 12. Penebar Swadaya : Jakarta.

Zulkifli, Muktar. 2014. Aspek Hukum Transaksi Perdagangan Lintas Batas Pada Daerah Perbatasan. Skripsi. Fak.Hukum Univ. Hasanuddin, Makassar.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v1i1.867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar