PENERAPAN MEMBACA NYARING CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI APERSEPSI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Mety Toding Bua, Rizna Toding Rizna, Agnesia Leny Perada

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan membaca nyaring buku cerita bergambar
berbasis pendidikan karakter sebagai apersepsi pada pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan membaca nyaring
buku cerita bergambar berbasis pendidikan karakter sebagai apersepsi pada pembelajaran tematik memiliki
dampak positif terhadap pengembangan karakter percaya diri siswa dan menciptakan suasana pembelajaran
yang menyenangkan bagi siswa. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator karakter percaya diri oleh
keempat siswa SDN 037 Tarakan meliputi: berani maju ke depan kelas, berani menjawab pertanyaan dan
berani menyampaikan pendapat. Serta penerapan membaca nyaring buku cerita bergambar dalam kegiatan
apersepsi terbukti dapat memunculkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran dan menciptakan
suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Hal ini didukung dari hasil observasi pada kegiatan
apersepsi diperoleh data bahwa guru telah memenuhi keempat indikator kegiatan apersepsi meliputi: guru
menarik perhatian siswa dengan memperlihatkan buku cerita bergambar, guru menggunakan media cerita
bergambar dengan tepat, guru mengaitkan materi pembelajaran dengan isi cerita, guru menggunakan bahasa
lisan secara lancar dan jelas pada saat membaca cerita bergambar. Kemudian ditegaskan lagi dari hasil
wawancara yang dilakukan dengan kelima siswa diperoleh data bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan
membaca nyaring buku cerita bergambar sebagai apersepsi di awal pembelajaran menciptakan pembelajaran
yang menyenangkan bagi siswa.

Keywords


Membaca Nyaring; Buku Cerita Bergambar; Pendidikan Karakter; Apersepsi; Pembelajaran Tematik;

Full Text:

PDF

References


Adhimah, Fefti Nur. 2014. Meningkatkan Rasa

Percaya Diri Anak melalui Cerita

Bergambar Pada Kelompok A di TK

Muslimat Sidoarjo. Jurnal

Pendidikan,Volume 3 Nomor 3. BMJ

(Internet). (Diunduh 2018 Maret 10);

Tersedia pada:

http://www.jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/in

dex.php/paud-teratai/article/.../8389

Adipta, Hendra., Maryeni., dan Hasanah,

Muakibatul. 2016. Pemanfaatan Buku Cerita

Bergambar sebagai Sumber Bacaan Siswa

SD. Jurnal Pendidikan, Volume 1, Nomor 5.

BMJ (Internet). (Diunduh 2018 Maret 10);

Tersedia pada:

http://www.journal.um.ac.id/index.php/jptpp

/article/view/6337/2706.

Apriliarini, Ditya. 2015. Peningkatan Percaya Diri

melalui Model Pembelajaran Kooperatif

Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran

IPS Siswa Kelas V SD Negeri Serang Kulon

Progo. BMJ (Internet). (Diunduh 2018

Maret 15); Tersedia pada:

http://eprints.uny.ac.id

Bua, Mety Toding., Santoso, Anang., Hasnah,

Maukibatul. 2016. Analisis minat membaca

permulaan dengan cerita bergambar di kelas

I sekolah dasar. Jurnal pendidikan, Volume

, Nomor 9. BMJ (Internet). (Diunduh 2018

Maret 10); Tersedia pada:

http://www.journal.um.ac.id/index.php/jptpp

/article/view/6744

Kompas Online. BMJ (Internet). (Diunduh 2018

Februari 4); Tersedia pada:

https://edukasi.kompas.com › News ›

Edukasi

Marlinawati, S. A. 2013. Meningkatkan Minat

Membaca Permulaan Melalui Media Buku

Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B

TK Pamardisiwi Madureso, Temanggung.

BMJ (Internet). (Diunduh 2018 April 2);

Tersedia pada: http://eprints.uny.ac.id.

Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung:

ALFABETA.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v2i1.876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com