PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANALOGI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
puisi berbasis model pembelajaran sinektik menggunakan media kartu analogi pada siswa kelas V sekolah
dasar. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
pengembangan perangkat pembelajaran model 4-D (four D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan
(1974: 5-8). Semua data penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Perangkat pembelajaran
yang dikembangkan adalah RPP, BAS, LKS, THB, dan Media Pembelajaran. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, tes hasil belajar, dan pemberian angket. Teknik analisis data yang digunakan
adalah statistik deskriptif, yaitu mendeskripsikan tentang kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran
dan ketuntasan belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat
pembelajaran menulis puisi yang dikembangkan berbasis pembelajaran sinektik menggunakan kartu analogi
ditinjau dari kualitas perangkat memiliki kriteria valid, (2) implementasi perangkat pembelajaran menulis puisi
berbasis model pembelajaran sinektik menggunakan media kartu analogi pada siswa kelas V sekolah dasar
yang dikembangkan ditinjau dari keterlaksanaan RPP mencapai keterlaksanaan yang sangat baik, aktivitas
siswa menunjukkan aktif, respon siswa sangat baik, hasil belajar yang dicapai siswa dapat mencapai
ketuntasan, dan hambatan-hambatan yang muncul dapat diatasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, Andi. 2008. “Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk
kelas V SD Pertiwi Makasarâ€. Tesis Magister
Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Negeri
Surabaya: tidak diterbitkan.
Ahmadi, Iif Khoiru. 2011. Strategi Pembelajaran
Sekolah Terpadu. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Aminuddin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra.
Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.
Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta:
PT. Raja Grafindo Persada.
Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan
Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
Press.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran (Peranannya
sangat penting dalam mencapai tujuan
pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.
Egan, Kieran. 2009. Pengajaran yang Imajinatif.
Jakarta: Indeks.
Hergenhanh, B.R, and Olson, Matthew. 2010.
Theories of Learning (teori Belajar). Jakarta:
Prenada Media Group.
Hobri, H. 2007. Penelitian Tindakan Kelas untuk
Guru dan Praktisi. Jember: UPTD Balai
Pengembangan Pendidikan (BPP).
Ibrahim, Muslimin (dkk). 2010. Dasar-Dasar Proses
Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa
University Press.
Ibrahim, Muslimin (dkk). 2005. Pembelajaran
Kooperatif. Surabaya: Unesa University
Press.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media
Pengajaran (Mengenal, Merancang, dan
Mempraktikkan). Yogyakarta: Diva Press.
Joyce, B. dan Weil, M. 1992. Models of Teaching.
Second Edition. Englewood New Jersey:
Prentice-Hall,Inc.
Joyce, B. dan Weil, M. 2011. Models of Teaching
(Model-Model Pengajaran). Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Khabibah, S. 2006. Model Pembelajaran Soal
Terbuka Matematika untuk Meningkatkan
Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi
Program Studi Pendidikan Matematika,
Universitas Negeri Surabaya.
Mihardja, Ratih. 2011. Buku Pintar Sastra
Indonesia. Jakarta: Laskar Aksara.
Musfiqon. 2011. Pengembangan Media dan
Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi
Pustaka.
Nur, M. 2011. Pembelajaran Kooperatif.
Surabaya: Pusat Sains dan Matematika
Universitas Negeri Surabaya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian
Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFEYogyakarta.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak
(Pengantar Pemahaman Dunia Anak)
Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2010. Pengkajian Puisi.
Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat
Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva
Press.
Purba, Antilan. 2010. Sastra Indonesia
Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.
Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta:
Depdiknas.
Ratumanan, Tanwey Gerson. dan Laurens,
Theresia. 2011. Penilaian Hasil Belajar
pada Tingkat Satuan Pendidikan.
Surabaya: Unesa University Press.
Rubric, P. (t.thn.). Poetry Rubric for Grades 3-5.
Dipetik 12 25, 2012, dari
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q
=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&v
ed=0CDIQFjAB&url=https%3A%2F%2Fs
pweb.tbaisd.k12.mi.us%2Fsites%2Fhome
%2Finstructionalresources%2FELA%2Fpk
resources%2F5th%2520Grade%2FSuppo
rting%2520Documents%2Fpoetry%2520ru
bric.doc&Rusijono, dan Yulianto,
Bambang. 2008. Assesmen Pembelajaran.
Surabaya: Unesa.
Sadiman, Arief S (dkk). 2007. Media Pendidikan
(Pengertian, Pengembangan, dan
Pemanfaatannya). Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna
Pembelajaran (untuk Membantu
Memecahkan Problematika Belajar dan
Mengajar). Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain
Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Scoring Rubric: Poetry. (n.d.). Retrieved
December 25, 2012, from Teacher Vision:
http://www.teachervision.fen.com/rubrics/
printable/26751.html.
Shreyashi Paltasingh. 2008. “Impact Of Synectics
Model Of Teaching In Life Science To
Develop Creativity Among Pupilsâ€. Ejournal
of All India Association for
Educational Research (EJAIAER). Vol. 20
No. 3 & 4 September & December 2008.
http://www.ejournal.aiaer.net/vol20208/9.h
tm diunduh tanggal 6 Mei 2012.
Siswono, Tatag Y E. 2008. Mengajar dan Meneliti.
Surabaya: Unesa University Press.
Sudjana, Nana dan Rahmad Rivai. 2011. Media
Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
Sukiman. 2011. Pengembangan Sistem Evaluasi.
Yogyakarta: Insan Madani.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode
Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Suparno, dan Yunus, Muh. 2003. Keterampilan
Dasar Menulis. Jakarta: Pusat Penerbitan
Universitas terbuka.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning
(Teori dan Aplikasi Paikem). Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Thiagarajan, Sivasailam, Semmel. S. Dorothy and
Semmel. I. Melvyn. 1974. Instructional
Development for Training Teacher of
Exceptional Children. Bloomington
Indiana: Indiana University.
Tjahjono, Tengsoe. 2011. Mendaki Gunung Puisi
ke Arah Kegiatan Apresiasi. Malang:
Banyumedia Publishing.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu
dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi
Pustaka.
Trianto. 2011. Mendesain model Pembelajaran
Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Uno, Hamzah B. 2012. Assesment Pembelajaran.
Jakarta: Bumi Aksara.
---. (n.d.). Reading Rubrics Poetry. Retrieved
February 21, 2013, from
http://webcache.googleusercontent.com/se
arch?q=cache:Gs9pIBS5hoYJ:www.jsaver
y.myclassupdates.com/sitebuildercontent/si
tebuilderfiles/poemreadingrubric.pdf+&cd
=2&hl=id&ct=clnk
DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v2i1.878
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2599-3305
P-ISSN: 2615-4331
Contact Person:
Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd
Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Borneo Tarakan
Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
Email: ubthumaniora@gmail.com