PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANALOGI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Adhe Zahrotul Ummami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas dan implementasi perangkat pembelajaran menulis
puisi berbasis model pembelajaran sinektik menggunakan media kartu analogi pada siswa kelas V sekolah
dasar. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
pengembangan perangkat pembelajaran model 4-D (four D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan
(1974: 5-8). Semua data penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Perangkat pembelajaran
yang dikembangkan adalah RPP, BAS, LKS, THB, dan Media Pembelajaran. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, tes hasil belajar, dan pemberian angket. Teknik analisis data yang digunakan
adalah statistik deskriptif, yaitu mendeskripsikan tentang kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran
dan ketuntasan belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat
pembelajaran menulis puisi yang dikembangkan berbasis pembelajaran sinektik menggunakan kartu analogi
ditinjau dari kualitas perangkat memiliki kriteria valid, (2) implementasi perangkat pembelajaran menulis puisi
berbasis model pembelajaran sinektik menggunakan media kartu analogi pada siswa kelas V sekolah dasar
yang dikembangkan ditinjau dari keterlaksanaan RPP mencapai keterlaksanaan yang sangat baik, aktivitas
siswa menunjukkan aktif, respon siswa sangat baik, hasil belajar yang dicapai siswa dapat mencapai
ketuntasan, dan hambatan-hambatan yang muncul dapat diatasi.

Keywords


Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Pembelajaran Menulis Puisi; Pembelajaran Sinektik; Kartu Analogi;

Full Text:

PDF

References


Adam, Andi. 2008. “Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis

Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk

kelas V SD Pertiwi Makasarâ€. Tesis Magister

Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Negeri

Surabaya: tidak diterbitkan.

Ahmadi, Iif Khoiru. 2011. Strategi Pembelajaran

Sekolah Terpadu. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Aminuddin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra.

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.

Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta:

PT. Raja Grafindo Persada.

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan

Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada

Press.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran (Peranannya

sangat penting dalam mencapai tujuan

pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.

Egan, Kieran. 2009. Pengajaran yang Imajinatif.

Jakarta: Indeks.

Hergenhanh, B.R, and Olson, Matthew. 2010.

Theories of Learning (teori Belajar). Jakarta:

Prenada Media Group.

Hobri, H. 2007. Penelitian Tindakan Kelas untuk

Guru dan Praktisi. Jember: UPTD Balai

Pengembangan Pendidikan (BPP).

Ibrahim, Muslimin (dkk). 2010. Dasar-Dasar Proses

Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa

University Press.

Ibrahim, Muslimin (dkk). 2005. Pembelajaran

Kooperatif. Surabaya: Unesa University

Press.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media

Pengajaran (Mengenal, Merancang, dan

Mempraktikkan). Yogyakarta: Diva Press.

Joyce, B. dan Weil, M. 1992. Models of Teaching.

Second Edition. Englewood New Jersey:

Prentice-Hall,Inc.

Joyce, B. dan Weil, M. 2011. Models of Teaching

(Model-Model Pengajaran). Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Khabibah, S. 2006. Model Pembelajaran Soal

Terbuka Matematika untuk Meningkatkan

Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi

Program Studi Pendidikan Matematika,

Universitas Negeri Surabaya.

Mihardja, Ratih. 2011. Buku Pintar Sastra

Indonesia. Jakarta: Laskar Aksara.

Musfiqon. 2011. Pengembangan Media dan

Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi

Pustaka.

Nur, M. 2011. Pembelajaran Kooperatif.

Surabaya: Pusat Sains dan Matematika

Universitas Negeri Surabaya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian

Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFEYogyakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak

(Pengantar Pemahaman Dunia Anak)

Yogyakarta: Gadjah Mada University

Press.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2010. Pengkajian Puisi.

Yogyakarta: Gadjah Mada University

Press.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat

Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva

Press.

Purba, Antilan. 2010. Sastra Indonesia

Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.

Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta:

Depdiknas.

Ratumanan, Tanwey Gerson. dan Laurens,

Theresia. 2011. Penilaian Hasil Belajar

pada Tingkat Satuan Pendidikan.

Surabaya: Unesa University Press.

Rubric, P. (t.thn.). Poetry Rubric for Grades 3-5.

Dipetik 12 25, 2012, dari

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q

=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&v

ed=0CDIQFjAB&url=https%3A%2F%2Fs

pweb.tbaisd.k12.mi.us%2Fsites%2Fhome

%2Finstructionalresources%2FELA%2Fpk

resources%2F5th%2520Grade%2FSuppo

rting%2520Documents%2Fpoetry%2520ru

bric.doc&Rusijono, dan Yulianto,

Bambang. 2008. Assesmen Pembelajaran.

Surabaya: Unesa.

Sadiman, Arief S (dkk). 2007. Media Pendidikan

(Pengertian, Pengembangan, dan

Pemanfaatannya). Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna

Pembelajaran (untuk Membantu

Memecahkan Problematika Belajar dan

Mengajar). Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain

Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Scoring Rubric: Poetry. (n.d.). Retrieved

December 25, 2012, from Teacher Vision:

http://www.teachervision.fen.com/rubrics/

printable/26751.html.

Shreyashi Paltasingh. 2008. “Impact Of Synectics

Model Of Teaching In Life Science To

Develop Creativity Among Pupilsâ€. Ejournal

of All India Association for

Educational Research (EJAIAER). Vol. 20

No. 3 & 4 September & December 2008.

http://www.ejournal.aiaer.net/vol20208/9.h

tm diunduh tanggal 6 Mei 2012.

Siswono, Tatag Y E. 2008. Mengajar dan Meneliti.

Surabaya: Unesa University Press.

Sudjana, Nana dan Rahmad Rivai. 2011. Media

Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Sukiman. 2011. Pengembangan Sistem Evaluasi.

Yogyakarta: Insan Madani.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode

Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Suparno, dan Yunus, Muh. 2003. Keterampilan

Dasar Menulis. Jakarta: Pusat Penerbitan

Universitas terbuka.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning

(Teori dan Aplikasi Paikem). Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Thiagarajan, Sivasailam, Semmel. S. Dorothy and

Semmel. I. Melvyn. 1974. Instructional

Development for Training Teacher of

Exceptional Children. Bloomington

Indiana: Indiana University.

Tjahjono, Tengsoe. 2011. Mendaki Gunung Puisi

ke Arah Kegiatan Apresiasi. Malang:

Banyumedia Publishing.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu

dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi

Pustaka.

Trianto. 2011. Mendesain model Pembelajaran

Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Uno, Hamzah B. 2012. Assesment Pembelajaran.

Jakarta: Bumi Aksara.

---. (n.d.). Reading Rubrics Poetry. Retrieved

February 21, 2013, from

http://webcache.googleusercontent.com/se

arch?q=cache:Gs9pIBS5hoYJ:www.jsaver

y.myclassupdates.com/sitebuildercontent/si

tebuilderfiles/poemreadingrubric.pdf+&cd

=2&hl=id&ct=clnk




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v2i1.878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com