EVALUASI KONDISI PERMUKAAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA PADA JALAN GAJAH MADA KOTA TARAKAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA

Muhammad Djaya Bakri

Abstract


Jalan Gajah Mada mempunyai peranan penting dalam menggerakkan perekonomian kota Tarakan dan merupakan akses utama menuju kawasan Pasar Gusher dan Pelabuhan Tengkayu II. Karena perannya strategis, maka diperlukan kualitas jalan yang dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan, sehingga dipandang perlu melakukan evaluasi tingkat kerusakannya untuk dapat menentukan urutan prioritas pemeliharaannya. Hasil indentifikasi lapangan diperoleh 9 tipe kerusakan yaitu: kerusakan retak kulit buaya seluas 571,00 m², berikutnya retak memanjang/retak pinggir (879,00 m²), retak melintang (380,36 m²), retak acak (514,80 m²), alur (137,10 m²), tambalan dan lubang (1.413,42 m²), pelepasan butir (398,64 m²), kegemukan (375,20 m²), dan amblas (251,04 m²). Perhitungan nilai kondisi jalan dengan metode Bina Marga diperoleh urutan prioritas 4 untuk penanganan jalan sisi kiri berupa program pemeliharaan berkala, dan urutan prioritas 3 pada jalan sisi kanan berupa program pemeliharaan peningkatan jalan. Usulan perbaikan dari hasil studi ini untuk Jalan Gajah Mada adalah program peningkatan jalan berupa kegiatan penambahan lapis permukaan perkerasan (overlay).


Keywords


Kondisi Permukaan Jalan;Perkerasan Lentur;Metode Bina Marga

Full Text:

PDF

References


Bakri, M.D., 2019. Evaluasi Kondisi dan Kerusakan Perkerasan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus: Jalan Gunung Selatan Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara). Borneo Engineering Jurnal Teknik Sipil Vol.3 No. 2 Desember 2019, hal. 81-96, ISSN: 2581-1134.

Bolla, M.E., 2012. Perbandingan Metode Bina Marga dan Metode PCI (Pavement Condition Index) Dalam Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Kaliurang, Kota Malang). Jurnal Teknik Sipil Universitas Nusa Cendana Vol. 1 No. 3 April 2012, hal. 104-116, ISSN: 2089-4953.

Daryoto, Widodo. S., Mayuni, S., 2015. Studi Kondisi Permukaan Jalan Pada Lapis Permukaan Dengan Menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus Ruas Jalan Harapan Raya Kota Pontianak). Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjung Pura Vol. 2 No. 2 Juni 2015.

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Tarakan. 2015. Daftar Data Jalan Kota Tarakan. Tarakan.

Direktorat Jenderal Bina Marga Depatemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 1990. Petunjuk Teknis Perencanaan dan Penyusunan Program Jalan Kabupaten No. 77/KPTS/Db/1990. Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga Depatemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 1995. Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Provinsi No. 001/T/Bt/1995 Metode Survei. Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga Depatemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 1995. Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Provinsi No. 002/T/Bt/1995 Metode Perbaikan Standar. Jakarta.

Direktorat Pembinaan Jalan Kota Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 1990. Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota No. 018/T/BNKT/1990. Jakarta.

Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 2011. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor: 13/PRT/M/2011 Tentang Tata Cara Pemeliharaan Jalan dan Penilikan Jalan. Jakarta.

Saputro, D.A., 2014. Perbandingan Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga dan Metode Paver (Studi Kasus Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang dan Sekitarnya). Jurnal SISTEM Vol. 10 No. 3 Desember 2014, hal. 10-20.

Suwandi, A., Guswandi., Armada. 2018. Analisa Kerusakan Jalan Wonosari Kecamatan Bengkalis dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga (Studi Kasus Jalan Wonosari Barat, Jalan Wonosari Timur, Jalan Wonosari Tengah, Jalan Baru Wonosari). Prosiding Seminar Nasional Industri dan Teknologi (SNIT) Politeknik Negeri Bengkalis, Oktober 2018, hal. 325-329.

Wicaksono, M.F.B., Mahardi, P., 2018. Analisis Nilai Kondisi Perkerasan Jalan Secara Visual Dengan Metode Bina Marga dan Pavement Condition Index Studi Kasus: Jalan Mastrip (SBY 10+100 - 10+700). Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Vol. 3 No. 3 Tahun 2018, ISSN: 2252-5009.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v3i1.1403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Borneo Saintek

Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Gedung Rektorat Lantai 3

Alamat: Jl. Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubtsaintek@gmail.com

View My Stats

  

Lisensi Creative Commons
Jurnal Borneo Saintek disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

toto macau