IDENTIFIKASI VARIABEL PENGHAMBAT DALAM DISTRIBUSI SEMEN DI KOTA TARAKAN

Eko Prihartanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses rantai pasok material semen dan meninjau pihak-pihak yang terlibat didalamnya dan untuk mengetahui rantai pasok material semen pada proyek kontruksi di Kota Tarakan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey yang dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada responden yang berkaitan dengan objek penelitian pada proyek konstruksi yaitu para kontraktor yang sedang menjalankan proyek konstruksi di Kota Tarakan. Hasil data yang diperoleh berdasarkan skor yang dihasilkan dari kuesioner dengan cara perhitungan yaitu skor yang diperoleh dari responden dibagi dengan jumlah responden. Hasil penelitian ini menunjukan  Proses pertama yang dilakukan dalam rantai pasok material semen di kota Tarakan yaitu melalui logistik yang melakukan pemesanan semen melalui SMS ataupun telepon pada pihak pengecer/supplier yaitu kepada costumer service. Selanjutnya pihak kontraktor melakukan proses pembayaran dengan cara transfer. Proses terakhir yaitu pengiriman semen dari distributor kepada pengecer/supplier kemudian dikirim ke proyek konstruksi. Adapun pihak yang ikut terlibat dalam proses rantai pasok material semen di Kota Tarakan yaitu pabrik, distributor, pengecer/supplier, logistik proyek, bagian keuangan, dan pekerja gudang pada proyek konstruksi. Selanjutnya manajemen rantai pasok material semen pada proyek kontruksi di Kota Tarakan termasuk dalam kategori sangat baik dapat dilihat pada presentase indikator kualitas produk semen yang digunakan sesuai permintaan tergolong dalam kategori sangat baik (nilai 4,27), indikator perencanaan pemilihan produk semen termasuk dalam kategori sangat baik (nilai 4,32), dan indikator Pengolahan dana untuk pembelian produk material tergolong dalam kategori sangat baik (nilai 4,27). Dengan demikian diharapkan para kontraktor proyek kontruksi yang ada di Kota Tarakan dapat dipertahankan dan dapat ditingkatkan.

Keywords


Logistik; Rantai pasok; Semen

Full Text:

PDF

References


Brostito, Abi D (2016). Identifikasi Rantai Pasok Material Konstruksi Pada Proyek Konstruksi di Kota Tarakan.

Pujawan, I nyoman. 2017. Supply Chain Management. Edisi ketiga. Yogyakarta: ANDI.

Sherlywati.2017. Urgensi Penelitian Manajemen Rantai Pasok: Pemetaan Isu, Objek, dan Metodologi. Vol 17, Nomor 2, pp 147-162.

Sugiyono. 2016 .Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulfah, dkk. 2015. Analisis dan Perbaikan Manajemen Resiko Rantai Pasok Gula Rafin Asi dengan Pendekatan House of Risk. Jurnal Teknologi Industri Pertanian 26 (1):87-103(2016).

Widyoko L. 2009.Pengaruh Sifat Kimia Terhadap Unjuk Kerja Mortar. Jurnal Teknik Sipil UBL. Vol 1. No.1 Oktober 2010.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v3i2.2129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Borneo Saintek

Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Gedung Rektorat Lantai 3

Alamat: Jl. Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubtsaintek@gmail.com

View My Stats

  

Lisensi Creative Commons
Jurnal Borneo Saintek disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

toto macau