ANALISIS KINERJA RUAS JALAN ARTERI TERHADAP PENGARUH HAMBATAN SAMPING DIKOTA TARAKAN (Studi Kasus : Jalan Mulawarman)

Achmad Zultan Mansur, Daud Nawir, Ariani Ariani

Abstract


Hambatan samping adalah dampak terhadap kinerja lalu lintas dari aktifitas samping segmen jalan. Banyaknya aktifitas samping jalan sering menimbulkan berbagai konflik yang sangat besar pengaruhnya terhadap kelancaran lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap kinerja ruas jalan Mulawarman serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja ruas jalan Mulawarman. Penelitian ini menggunakan metode MKJI 1997 (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) dan program SPSS versi 16. Dari hasil perhitungan analisis regresi tentang hubungan hambatan antara kinerja jalan dengan hambatan samping di dapat satu model persamaan yang baik yaitu model linier pangkat, untuk hubungan kecepatan dengan hambatan samping, dan nilai R2 sebesar 0.659, untuk hubungan volume dengan hambatan samping. Faktor dominan dari hubungan kecepatan dengan hambatan samping dari yang pengaruhnya tinggi sampai pengaruhnya terendah adalah pejalan kaki, kendaraan lambat, kendaraan berhenti lalu kendaraan keluar masuk. Sedangkan faktor dominan dari hubungan volume lalu lintas dengan hambatan samping dari yang pengaruhnya tinggi sampai pengaruhnya terendah adalah  pejalan kaki, kendaraan lambat, kendaraan berhenti, kendaraan keluar masuk.

Keywords


Hambatan Samping; Kinerja Jalan; Regresi;

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2016. Tarakan Dalam Angka.BPS. Tarakan.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat,1999.Pedoman Pengumpulan Data Lalu Lintas Jalan.Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota,Jakarta.

Departemen Perhubungan RI. Peraturan pemerintah No. 43. Tahun 1993 Prasaranan dan Lalu lintas Jalan. Jakarta.

Departemen Perhubungan RI. Peraturan Pemerintah No. 34. Tahun 2006 Prasaranan dan lalu lintas Jalan. Jakarta.

Hobbs, 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas cetakan II. Gajah Mada University Press.Jogjakarta.

Jayadinata, T. Johara. 1999. Tata Guna Tanah Dalam Perencanaan Perkotaan, dan Wilayah. ITB.Bandung.

MKJI, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jenderal Bina Marga. Depertemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Morlok, Edward K. 1978. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Terjemahan. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Marpaung, Panahatan, 2005. Analisis Hambatan Samping Sebagai Akibat Penggunaan Lahan Sekitarnya Terhadap Kinerja Jalan Juanda. Bekasi.

R, Caesar Dinata, 2014. Analisis Kinerja Jalan Akibat Pengaruh Hambatan Samping Di Jalan Diponogoro Banda Aceh.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v1i2.906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Saintek

Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Gedung Rektorat Lantai 3

Alamat: Jl. Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubtsaintek@gmail.com

View My Stats

  

Lisensi Creative Commons
Jurnal Borneo Saintek disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.