ANALISIS KAPASITAS RUAS JALAN DAN HAMBATAN SAMPING PADA JALAN JENDERAL SUDIRMAN KOTA TARAKAN

Daud Nawir, Eva Febriana

Abstract


Kota Tarakan adalah salah satu kota yang memiliki tingkat mobilitas dan kesibukan penduduk yang tinggi. Kepadatan penduduk di Kota Tarakan merupakan salah Satu faktor yang dapat menyebabkan permasalahan arus lalu lintas. Arus kendaraan, kondisi sekitar, dan yang lainnya akan berpengaruh pada kapasitas jalan dan hambatan samping. Jalan yang dimaksudkan adalah Jalan Jenderal Sudirman Kota Tarakan Kalimantan Utara. Penelitian dilakukan dengan melakukan survey untuk mendapatkan data primer yang dilakukan selama 6 (enam) hari dan data sekunder didapatkan dari Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Perhubungan, dan BAPPEDA yang kemudian dianalisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Data yang tersedia dianalisis untuk mendapatkan volume lalu lintas, hambatan samping, kecepatan arus bebas, kapasitas, derajat kejenuhan, kecepatan waktu tempuh dan tingkat pelayanan. Data yang tersedia dianalisis dan didapatkan hari Senin, 30 Januari 2017 kendaraan yang melewati Jalan Jenderal Sudirman Kota Tarakan Kalimantan Utara dan merupakan hari tersibuk, selanjutnya hasil dari perhitungan data hari senin ditemukan hasil, Volume (Q) tertinggi = 2151,80 smp/jam dan Kapasitas (C) terendah = 3392,478 smp/jam. Nilai derajat jenuh menunjukan kapasitas pada Jalan Jenderal Sudirman, dan hambatan samping tertinggi adalah pada sore hari pada jam 16.00-17.00 dimana kelas hambatan samping termasuk rendah (L) dengan kondisi khusus dearah pemukiman, beberapa angkutan umum dan tingkat pelayanan Jalan Jenderal Sudirman Kota Tarakan berada dikategori A dan B dimana kategori A dikondisi arus lalu lintasnya bebas antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya. Besarnya kecepatan sepenuhnya ditentukan oleh keinginan pengemudi sesuai batas yang ditentukan dan kategori B kondisi arus lalu lintas stabil, kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kendaraan lainnya dan mulai dirasakan hambatan oleh kendaraan disekitarnya.


Keywords


Hambatan Samping; Jalan Perkotaan; Kapasitas Jalan; MKJI 1997

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. (2004). Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Beta Offset., Jogja

Anindyawati, N. Yulipriyono, E. Siswanto, J (2008). “Analisis Hubungan Waktu Tempuh Dengan Derajat Kejenuhan Ruas Jalan Perkotaan (Studi Kasus: Kota Semarang)”. Vol. 18, No. 1, Hal. 1-8.

Anonim, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Direktrorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum.

Azis, M. A. (2012). Analisis Waktu Tempuh Sepeda Motor Di Jalan Arteri Kota Makassar. Skripsi,. Universitas Hasanuddin, Makassar.

Badan Pusat Statistik Kota Tarakan, 2016. Tarakan Dalam Angka Tahun 2016, BPS Kota Tarakan.

Funan, et.al. (2014). “Studi Kinerja Jalan Akibat Hambatan Samping di Jalan Timor Raya Depan Pasar Oesao Kabupaten Kupang”. Vol. III, No. 1, Hal. 1-12.

Hendra, S dan Benidiktus, S, (1999), Rekayasa Jalan Raya. Skripsi., Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta.

Kayori, R. F. (2013). “Analisis Derajat Kejenuhan Akibat Pengaruh Kecepatan Kendaraan Pada Jalan Perkotaan Di Kawasan Komersil, (Studi Kasus: Di Segmen Jalan Depan Manado Town Square Boulvard Manado)”. Vol. 1, No. 9, Hal. 608-615.

Koloway Setyanto, B. (2009). “Kinerja Ruas Jalan Perkotaan Jalan Prof.Dr.Satrio, DKI Jakarta”. Vol. 20, No. 3, Hal, 215-230.

Kurniawan, S. (2016). “Analisa Hambatan Samping Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Raya (Studi kasus : Sepanjang 200 M Pada Ruas Jalan Imam Bonjol Kota Metro Lampung)”. Vol. 6, No. 1, Hal 51-63.

Munardy, Wahid, J, Asmirza, M.S, Talarosha, B. (2005). “Hubunngan Tingkat Pelayanan Jalan Dengan Kinerja Halte Pada Lalu Lintas Angkutan Umum (Studi Kasus : Jalan Gatot Subroto Medan)”. Vol. 02, No. 03, Hal. 24-33.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v1i2.907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Saintek

Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Gedung Rektorat Lantai 3

Alamat: Jl. Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubtsaintek@gmail.com

View My Stats

  

Lisensi Creative Commons
Jurnal Borneo Saintek disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.