KONDISI PERKEMBANGAN KECAMBAH BIBIT MANGROVE JENIS BAKAU BESAR (Rhizophora mucronata) DI DAERAH KONSERVASI HUTAN MANGROVE KELURAHAN PAMUSIAN KOTA TARAKAN PROPINSI KALIMANTAN UTARA

Dhimas Wiharyanto, Ridho Brazilio

Abstract


Hutan mangrove didefinisikan sebagai hutan yang terdapat di sepanjang pantai atau muara yang terpengaruh oleh pasang surut air laut. Rhizophora mucronata adalah salah satu jenis mangrove yang digunakan untuk rehabilitasi kawasan mangrove karena buahnya yang mudah diperoleh, mudah disemai serta dapat tumbuh pada daerah genangan pasang yang tinggi maupun genangan rendah. Jenis mangrove ini beradaptasi dengan buah yang berkecambah dipohon. Untuk mengetahui pertumbuhan kecambah bibit mangrove Rhizophora mucronata maka  dilakukan pengukuran panjang dan lama waktu hingga terlepas dari pohon induknya di kawasan hutan mangrove konservasi Kelurahan Pamusian. Hasil dari pengukuran bibit kecambah mangrove Rhizophora mucronata telah di temukan rata-rata panjang kecambah mencapai 54,3 cm setelah 6 bulan dengan rata-rata tingkat bertahan di pohon berkisar 90%.

Keywords


Mangrove; Rhizophora mucronata; pertumbuhan; waktu

Full Text:

PDF

References


Duhari, R. 2001. Pengelolaan Sumber Daya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. PT Pradnya Paramita. Jakarta.

Faisal R.M., 2017. Pertumbuhan Buah Mangrove Rhizophora mucronata Kota Tarakan. Laporan Magang. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Borneo Tarakan.

Humayah S., Gunawan H., dan Novaliza I M., 2016. Tingkat Kerusakan Ekosistem Mangrove di Desa Teluk Belitung Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti. Jurnal Riau Biologia 1 (4), 24 – 30. Riau.

Nybakken, J. W., 1992. Biologi Laut Suatu Pendekatan Ekologis. PT. Gramedia. Jakarta.

Rusila N.Y., Khazali M, Suryadiputra IN. 2006. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. Bogor (ID): Ditjen. PHKA – Wetlands International Indonesia Programme.

Supriharyono, M., S. 2000. Pelestarian & Pengelolaan Sumber Daya Alam di Wilayah Pesisir Tropis. PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta : 28-47.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v1i2.915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Saintek

Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Gedung Rektorat Lantai 3

Alamat: Jl. Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubtsaintek@gmail.com

View My Stats

  

Lisensi Creative Commons
Jurnal Borneo Saintek disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

toto macau