ANALISIS MODEL SIFAT PERTUMBUHAN DAN INDEKS KONDISI KEPITING BAKAU (Scylla serrata) YANG BERASAL DARI PERAIRAN ESTUARIA KOTA TARAKAN

Gazali Salim, Dori Rachmawani, Doddy Septian

Abstract


Tarakan memiliki potensi yang cukup tinggi pada sumberdaya hayati salah satunya adalah kepiting bakau (Scylla cerrata). Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis model pertumbuhan allometri dan indeks kondisi serta rasio kelamin dari kepiting bakau (S.serrata) yang berasal dari perairan Estuaria disekitar kota Tarakan. Metode penelitian Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel kepiting bakau (S.serrate) bersifat purposive sampling dengan mengikuti nelayan yang biasa menangkap kepiting S.serrate di habitatnya.  Pengambilan sampel dilakukan sebanyak 2 periode yaitu saat pasang dan surut dengan menggunakan alat tangkap ambau kurung sebanyak 35 unit beserta umpan ikan belut yang dikeringkan. Hasil Penelitian mengenai model pertumbuhan allometri berdasarkan antara dimensi karapas (panjang, lebar dan tebal karapas) denganb berat total dari kepiting bakau (Scylla serrata) jenis kelamin jantan dan betina memiliki pertumbuhan bersifat allometri negatif.  Indeks kondisi antara dimensi cangkang (panjang karapas) dengan berat total untuk jantan dan betina di dominasi bentuk tubuh gemuk sedangkan untuk indeks kondisi antara dimensi cangkang (lebar dan tebal karapas) dengan berat total untuk jantan di dominasi bentuk tubuh kurus dan untuk betina didominasi bentuk tubuh gemuk. Rasio kelamin betina lebih banyak dibandingkan dengan jantan.


Keywords


Sifat Pertumbuhan; Indeks Kondisi; Scylla serrata; Kepiting Bakau; Perairan Estuaria Tarakan

Full Text:

PDF

References


Afrianto, E., dan Liviawaty, E, (1993). Pemeliharaan Kepiting. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Aulia. Nuansa.2010. Pedoman Budidya Kepiting.Tim Karya Tani Mandiri,Bandung

Effendie, M I. 1979. Metode Biologi Perikanan Bogor. Yayasan dewi Sri.

Firdaus, M ; TD. Lelono, R. Saleh ; Bintoro G , Salim G. 2018. The Expression of the body shape in fish spesies Harpadon nehereus (Hamilton, 1822) in the waters of Juata Laut Tarakan city, North Kalimantan. Jurnal Auqculture, Aquarium, Conservation & Legislation Volume 11 No 3. 613-624halaman.

Salim, G. 2013. Nilai indeks kondisi dari ikan siganus javus berdasarkan hasil tangkapan nelayan di Perairan Juata Kota Tarakan. Jurnal Harpodon Borneo Volume 6 Nomor 1. Tahun 2013.

Salim, G. 2015. Analisis pertumbuhan allometri dan indeks kondisi caesio cunning didapatkan dari hasil tangkapan nelayan kota Tarakan. Jurnal harpodon borneo. Volume 8 nomor 1 Tahun 2015.

Sarwono. 2006. Teori Analisis Korelasi Mengenal analisis Korelasi http://www.jonathansarwono. Info/korelasi.htm




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v1i3.929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Saintek

Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Gedung Rektorat Lantai 3

Alamat: Jl. Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubtsaintek@gmail.com

View My Stats

  

Lisensi Creative Commons
Jurnal Borneo Saintek disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.